Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2906
Title: | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA |
Authors: | ZAHWA, UKA LUTHFIAH |
Keywords: | Implementasi Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Bangun Purba |
Issue Date: | 29-Apr-2024 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU240151;71190211056 |
Abstract: | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 1 BANGUN PURBA ABSTRAK UKA LUTHFIAH ZAHWA 71190211056 Pendidikan karakter adalah sebuah sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilainilai, baik terhadap Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, maupun bangsa, sehingga akan terwujud insan kamil. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar no 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Bangun Purba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran PAI, dan seluruh siswa kelas 8, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidkan Agama Islam (PAI) mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan karakter yang diterapkan antara lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan dan peduli sesama. Kata Kunci : Implementasi Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Bangun Purba |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2906 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 411.69 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 165.09 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 534.7 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 381.35 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.