Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2905
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PATIKAWA, TOPAN | - |
dc.date.accessioned | 2024-04-29T02:09:06Z | - |
dc.date.available | 2024-04-29T02:09:06Z | - |
dc.date.issued | 2024-04-29 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2905 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIRS, SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS YP. NURUL IMAN TANJUNG MORAWA Oleh: TOPAN PATIKAWA NPM : 71190211015 Permasalahan yang di hadapi peserta didik kelas VII di MTS Yp Nurul Iman Tg Morawa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini di sebabkan dalam proses belajar mengajar kemampuan peserta didik untuk bertanya atau meminta bantuan dari guru masih kurang. Dilihat dari keadaan di atas maka dapat di ketahui metode yang digunakan masih kurang baik sehingga peserta didik masih kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam perserta didik adalah model pembelajaran Cooperative Tipe TPS. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pesertadidik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di MTS Yp Nurul Iman Tg Morawa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tahapan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang bersifat induktif. Dimana penulis menggambarkan gejala- gejala yang terjadi pada objek penelitian.Pelaksanaan penelitian ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran TPS (Think Pair Share), ini di buktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar, sebelum penerapan nilai tes hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM adalah 17/53% siswa, tidak mencapai KKM adalah 15/47% siswa, kemudian setelah menggunakan pembelajaran model TPS (Think Pair Share) dapat di ketahui nilai rata-rata tes hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata- rata tes hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hanya 25/78% siswa, Dan tidak tuntas 7/22% siswa. Kemudian siklus kedua tes hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 27/84% siswa, yang tidak tuntas sebanyak 5/16% siswa.Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTS Yp Nurul Iman Tg Morawa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, dan Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU240150;71190211015 | - |
dc.subject | Model Pembelajaran Think Pair Share, dan Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.title | PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIRS, SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS YP. NURUL IMAN TANJUNG MORAWA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.38 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 86.9 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 395.44 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 306.29 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.