Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2897
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RSARI, AHMITA SEKAR | - |
dc.date.accessioned | 2024-04-25T03:03:51Z | - |
dc.date.available | 2024-04-25T03:03:51Z | - |
dc.date.issued | 2024-04-25 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2897 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK Rahmita Sekar Sari (71180211030).“Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ahmad Tafsir”. Program strata satu (S.1) fakultas agama islam, program studi pendidikan islam (PAI) Universitas Islam Sumatera Utara 2023. Istilah kurikulum muncul untuk pertama kalinya tahun 1856. Pada tahun itu kata kurikulum digunakan dalam bidang olahraga, yakni suatu alat yang membawa orang dari start sampai ke finish. Barulah pada tahun 1955 istilah kurikulum dipakai dalam bidang pendidikan dengan arti sejumlah mata pelajaran di suatu perguruan. Menurut S. Nasution, kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan. Apa yang direncanakan biasanya bersifat idea, suatu cita-cita tentang manusia atau warga negara yang akan dibentuk. Skripsi ini akan mengkemukakan salah satu tokoh pemikiran pendidikan Islam yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Tafsir, pada penelitian ini peneliti khusus membahas tentang bagaimana kurikulum pendidikan Islam menurut pandangan Ahmad Tafsir. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam permasalahan dan pengumpulan data penelitian ini bersumber dari data primer (pokok) dan data sekunder (data pendukung) teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, serta metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah menganalisa isi dalam suatu data atau analisis isi (content analysis). Hasil penelitian, kesimpulan Ahmad Tafsir menawarkan konsep kurikulum yang berintikan keimanan dan akhlak sebagai intinya, yang dimana menjadikan ilmu, keterampilan dan seni dalam kurikulum yang di tawarkan yaitu kurikulum pendidikan islami mengandung nilai-nilai keimanan yang dimana dalam pengonsepan kerangka kurikulum dimulai dari tujuan pendidikan islam itu sendiri yaitu membentuk manusia menjadi muslim yang sebenarnya (kaffah), dan memiliki relevansi nya yaitu dalam ranah tujuannya, aspek proses pendidikannya haruslah berkesinambungan dan berurutan serta berjenjang dalam ranah keilmuannya. Kata kunci: Konsep Kurikulum, Pendidikan Islam, dan perspektif Ahmad Tafsir | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU240143;71180211030 | - |
dc.subject | Konsep Kurikulum, Pendidikan Islam, dan perspektif Ahmad Tafsir | en_US |
dc.title | KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 624.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 295.6 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 725.2 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 489.13 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.