Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2893
Title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM AL-QURAN SURAH AL-ISRA’ AYAT 23-25 TENTANG BERBUAT BAIK TERHADAP ORANG TUA
Authors: DAULAY, PUTRI MAHRINA
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan, Al-Quran, Berbuat Baik terhadap Orang Tua
Issue Date: 25-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240140;71190211052
Abstract: ABSTRAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM ALQURAN SURAH AL-ISRA AYAT 23-25 TENTANG BERBUAT BAIK TERHADAP ORANG TUA Latar belakang dalam penelitian ini bahwa Al-Qur‟an merupakan kalam Allah Swt yang mu‟jiz, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dan Rasul terakhir (Muhammad SAW) melalui perantaraan Malaikat Jibril Al-Quran sebagai sumber utama ajaran agama Islam mencakup ajaran tentang I‟tiqad (keyakinan), akhlak (etika), sejarah, serta amaliyah (tindakan peraktis). Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 23-25. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 23-25. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun skunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti yaitu Al-Quran. Dalam melakukan kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalah berasala dari AlQuran, tepatnya pada Al-Quran surah Al-Isra ayat 23-25. Data skunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data sekunder dapat berupa kitab-kitab tafsir maupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan pembahasan tulisan ini. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode tafsir tahlili. Metode ini menguraikan makna yang dikandung oleh Al-Quran, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya di dalam Al-Quran. Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung ayat ditafsirkan, seperti pengertian kosa kata, konotasi kalimatnya, latar belakang turun ayat, kaitannya dengan ayat-ayat lain, baik sebelum maupun sesudahnya. Hasil penelitian yang penulis temukan dalam Al-Qur‟an surah Al-Isra‟ ayat 23-25 yang mana didalamnya terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan yang meliputi: (1) Nilai pendidikan perintah, (2) Nilai pendidikan Aqidah dan ibadah, (3) Nilai pendidikan birrul walidain (4) Nilai Pendidikan lemah lembut, (5) Nilai pendidikan kasih sayang, (6) Nilai pendidikan tawadhu‟,(7) Nilai pendidikan pengawasan, (8) Nilai pendidikan kesolehan. Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Al-Quran, Berbuat Baik terhadap Orang Tua
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2893
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography412.69 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract172.21 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdf
  Restricted Access
Chapter I,II525.04 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
Chapter III,IV,V.pdfChapter III,IV,V598.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.