Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2887
Title: | INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VIII DI MTsN SIMPANG TIGA KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAN |
Authors: | MAHREZEKI, MALANI |
Keywords: | Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Prestasi Siswa |
Issue Date: | 25-Mar-2024 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU240134;71180211028 |
Abstract: | ABSTRAK INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VIII DI MTsN SIMPANG TIGA KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAN MALANI MAHREZEKI NPM: 71180211028 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh inovasi pembelajaran Pendidikan agama Islam terhadap Kepedulian prestasi siswa kelas VIII di MTsN Simpang Tiga Bukit. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan sampel sebanyak 30 responden dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam analisis linear sederhana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu: Uji T (Parsial), Uji F (Simultan), dan Koefisien Determinasi (R2). Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi uji asusmsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi pembelajaran pendidikan agama islam berpengaruh terhadap prestasi siswa, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat dikatakan bahwa variabel inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi aktivitas anak, kelakuan anak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi siswa. Maka semakin tinggi inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka semakin meningkat prestasi siswa kelas VIII MTsN Simpang Tiga Bukit. Faktor pendukung inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi siswa kelas VIII MTsN Simpang Tiga dibagi menjadi dua antara lain, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor penghambat inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi siswa adalah 1. Kesibukan individu, 2. Sikap individualis, 3. Kemajuan teknologi. Kata kunci : Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Prestasi Siswa |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2887 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 623.46 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 159.57 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 749.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.15 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.