Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2883
Title: PENGARUH PENGUASAAN MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA DI MAN TAPANULI UTARA
Authors: MANULLANG, LORENTA
Issue Date: 20-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240130;71190211115
Abstract: ABSTRAK Pengaruh Penguasaan Materi Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kepribadian Siswa Di MAN Tapanuli Utara. LORENTA MANULLANG 71190211115 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penguasaan Materi Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kepribadian di MAN Tapanuli Utara. Berdasarkan gejala-gejala yang terdapat pada latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penguasaan materi pelajaran akidah akhlak terhadap kepribadian siswa di MAN Tapanuli Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, hal ini sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa MAN Tapanuli Utara yang berjumlah 80 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh penguasaan materi pelajaran akidah akhlah terhadap kepribadian siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik tes dan angket. Test di berikan kepada responden sebanyak 25 soal dan angket sebanyak 10 soal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus Regresi dan kolerasi. Dari pengolahan data dan analisis data, maka hasil penelitian adalah sebagai berikut:v 1. Penguasaan materi Aqidah akhlak di Man Tapanuli Utara masih beragam. Rata-rata skor yang diperoleh dari 80 siswa adalah 71,50. Dari hasil pengolahan data melalui SPSS 24 maka diperoleh simpangan baku 8,9 , modus sebesar 75 dan median sebesar 70. Dengan demikian dapat diperoleh nilai M= 71,50 dan nilai SD = 8,9. 2. Pada taraf signifikansi 5% = 0,217 pada taraf signifikansi 1% = 0,283. Dari hasil perhitungan nilai r (pearson correlation) -0181 ini berarti r hitung atau ro lebih besar dari rt pada taraf 1% =0,217 maupun taraf 5%=0,283 maka Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan Pengaruh Penguasaan Materi Aqidah Akhlak terhadap Kepribadian Siswa MAN Tapanuli Utara. 3. Koefisien determinasi (R square) adalah 0,054. Kontribusi Penguasaan Materi Aqidah Akhlak terhadap Kepribadian Siswa MAN Tapanuli Utara adalah 0,054X100% = 5,4%, selebihnya ditentukan oleh variabel lain. 4. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini adalah :”Ada pengaruh yang Signifikan Penguasaan Materi Aqidah Akhlak terhadap Kepribadian Siswa MAN Tapanuli Utara dapat diterima, sehingga Ho ditolak.”
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2883
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography207.41 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract90.77 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II547.32 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V607.52 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.