Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2880
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFAZRANI, KHAIRIZA FAZRANIKHAIRIZA-
dc.date.accessioned2024-03-25T03:36:49Z-
dc.date.available2024-03-25T03:36:49Z-
dc.date.issued2024-03-25-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2880-
dc.description.abstractABSTRAK PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MTS S TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN KECAMATAN MEDAN AMPLAS KHAIRIZA FAZRANI NPM : 71190211046 Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pemahaman tentang bentuk-bentuk penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam di MTs S Taman Pendidikan Islam Medan, Kecamatan Medan Amplas. (2) Untuk mengetahui peluang dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam di MTs S Taman Pendidikan Islam Medan, Kecamatan Medan Amplas. (3) Untuk mengetahui pencapaian hasil dari penerapan metode pembiasaan dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran agama Islam di MTs S Taman Pendidikan Islam Medan, Kecamatan Medan Amplas. Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah 200 orang, dan sampel dalam penelitian berjumlah 20 orang dengan mengambil 10% dari jumlah populasi. selanjutnya data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membutikan bahwa penerapan metode pembiasaan dalam proses belajar mengajar di Mts S Taman Pendidikan Islam Medan yakni bentuk- bentuk pembiasaan dilakukan melalui pembiasan dalam akhlak, pembiasan dalam ibadah, dan pembiasan dalam keimanan. Mengenai faktor peluang dan tantangan dapat diketahui bahwa faktor peluangnya yaitu guru merupakan cerminan akhlak maka dari itu guru harus selalu mencerminkan akhlak yang baik bagi muridnya di keluarga orang tua harus selalu menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam sejak dini kepada anak-anaknya agar menjadi kebiasaannya yang sulit ia tinggalkan ketika ia dewasa nanti dan menjadi perisai bagi dirinya, sedangkan faktor tantangannya yaitu pengaruh gadget dan tv serta pergaulan yang salah yang menyebabkan peserta didik mengabaikan nasehat yang diberikan oleh guru dan orang tuanya. Mengenai pencapaian hasil belajar, dapat diketahui bahwa hasil belajarnya sangat memuaskan dikarenakan dengan adanya penerapan metode pembiasaan dalam hal penanaman nilai-nilai Islam membuat peserta didik mempunyai akhlak yang baik ibadah dan muamalah serta sopan santuan terhadap keluarga guru dan masyarakat serta lebih disiplin patuh dan taat melaksanakan ajaran Islam yang melahirkan kepribadian Islami sebagaimana merupakan tujuan pendidikan Islam Kata Kunci : Metode Pembiasaan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU240127;71190211046-
dc.subjectMetode Pembiasaan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MTS S TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN KECAMATAN MEDAN AMPLASen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.83 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract161.04 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II693.2 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V384.96 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.