Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2878
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRangkuti, Jamilah Ahmad-
dc.date.accessioned2024-03-25T03:03:44Z-
dc.date.available2024-03-25T03:03:44Z-
dc.date.issued2024-03-25-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2878-
dc.description.abstractABSTRAK STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MTs AMIN DARUSSALAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN Jamilah Ahmad Rangkuti NPM :71190211084 Semua lembaga pendidikan berusaha untuk menjadikan seluruh peserta didiknya menjadi orang yang berakhlak dan beriman. Dalam hal tersebut guru mempunyai peran sentral untuk ikut serta dalam prosesnya, utamanya untuk guru PAI. Pada saat kegiatan pembelajaran guru tidak hanya memberikan ilmu saja, namun harus menunjukkan aspek mendidik akhlak kepada peserta didik. Oleh sebab itu strategi yang dimilki guru dalam membentuk akhlakul karimah harus tepat agar proses pembelajaran lebih berhasil dan berguna. Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mengetahui akhlak siswa di MTs Amin Darussalam Kecamatan Percut Sei Tuan, 2) untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MTs Amin Darussalam Kecamatan Percut Sei Tuan, 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs Amin Darussalam Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif sedangkan metode dalam teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) akhlak siswa di MTs Amin Darussalam Kec. Percut Sei Tuan masih dalam batas wajar, sama halnya dengan yang dilakukan anak-anak seusianya masih belum bersifat menyimpang dari ajaran agama, meskipun ada persentasenya sedikit sekali, 2) strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa di di MTs Amin Darussalam Kec. Percut Sei Tuan dilakukan melalui metode keteladanan, melalui metode nasehat, melalui metode pembiasaan, melalui metode kisah qurani dan nabawi, melalui metode amstal (perumpamaan), melalui metode cerita qur’ani, melalui dan metode ceramah, 3) Faktor penghambat dalam meningkatkan akhlakul karimah di MTs Amin Darussalam Kec. Percut Sei Tuan adalah: a) faktor internal terdiri dari fasilitas kurang mendukung dan kurangnya kesadaran dan b) faktor eksternal terdiri dari pendidik, lingkungan dan orangtua, 4) Faktor pendukung dalam meningkatkan akhlakul karimah di MTs Amin Darussalam Kec.Percut Sei Tuan adalah guru, motivasi dan dukungan dari keluarga dan komitmen bersama. Kata Kunci : Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU240125;71190211084-
dc.subjectStrategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimahen_US
dc.titleSTRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MTs AMIN DARUSSALAM KECAMATAN PERCUT SEI TUANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography704.29 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract306.78 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II620.55 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V576 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.