Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2875
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAL AZZAM, HABIB ASYRAF-
dc.date.accessioned2024-03-25T02:42:13Z-
dc.date.available2024-03-25T02:42:13Z-
dc.date.issued2024-03-25-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2875-
dc.description.abstractABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ AL-QUR’AN DALAM MEMPERKUAT AKHLAH SISWA DI SMP IT PERMATA CENDEKIA KECAMATAN GUNUNG MALELA KABUPATEN SIMALUNGUN HABIB ASYRAF AL AZZAM NPM : 71200211096 Program tahfidz al-Qur’an di SMP IT Permata Cendekia sudah berjalan selama ± 2 tahun. Dan tujuan pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di SMP IT Permata Cendekia adalah untuk membentuk akhlak peserta didik agar menjadi penerus generasi Qur’ani, mempunyai pribadi yang berbudi luhur, mencetak siswa-siswi menjadi siswa yang berakhlakul karimah, meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an SMP IT Permata Cendekia Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun, 2). Menganalisis konstribusi pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dalam memperkuat akhlak siswa yang mengikuti program tahfidz al-Qur’an di SMP IT Permata Cendekia Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun dan 3). kendala dan solusi dalam pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an SMP IT Permata Cendekia Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan deskriftif kualitatif. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an di SMP IT Permata Cendekia adalah dengan, a. menetapkan program, b. menentukan indikator keberhasilan, c. menetapkan penanggung jawab, dan d. Menyusun kegiatan dan jadwal kegiatan. 2). Konstribusi pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dalam memperkuat akhlak siswa yang mengikuti program tahfidz al-Qur’an adalah membaca dan menghafal Al-Qur’an, kedisiplinan dan tanggung jawab siswa memang tidak serta merta membuahkan hasil tetapi perlu melalui berbagai tahapan-tahapan perubahan pada siswa yang disiplin dalam membagi waktu menghafal dan kegiatan sekolah yang lain, berani bertanggung jawab dalam menjaga hafalannya. 3). Kendala dan Solusi dalam pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an dalam memperkuat akhlak siswa adalah, a. Kekurangan waktu untuk membimbing, b. Sebagian siswa sulit dibimbing dan dinasehati, c. memberikan peringatan d. memelihara dan memberikan bekal ilmu pengetahuan. Dan Solusi guru dalam memperkuat akhlak siswa yaitu melalui bimbingan nasehat, peringatan, teguran dan keteladanan Kesimpulan dengan demikian setiap sekolah tidak terlepas dari pelaksanaan, kendala yang dihadapi dalam menerapkan pelaksanaan dan solusi terhadap kendala yang dihadapi. Kata Kunci: Program Tahfiz Al-Qur’an, Akhlak Siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU240122;71200211096-
dc.subjectProgram Tahfiz Al-Qur’an, Akhlak Siswaen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ AL-QUR’AN DALAM MEMPERKUAT AKHLAK SISWA DI SMP IT PERMATA CENDEKIA KECAMATAN GUNUNG MALELA KABUPATEN SIMALUNGUNen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.39 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract369.43 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1.29 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V835.31 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.