Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2874
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorERNAWATI, ELY-
dc.date.accessioned2024-03-25T02:37:22Z-
dc.date.available2024-03-25T02:37:22Z-
dc.date.issued2024-03-25-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2874-
dc.description.abstractABSTRAK UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NURUL IMAN KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG ELY ERNAWATI 71190211024 Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik. Setiap guru harus mengembangkan kompetensi pedagogiknya dengan mampu menguasai karakteristik peserta didik, mampu mengembangkan teori dan prinsip pembelajaran, mampu mengembangkan kurikulum, mampu menerapkan pembelajaran yang mendidik, mampu mengembangkan potensi peserta didik, mampu berkomunikasi baik dengan peserta didik, dan melakukan penilaian dan evaluasi terhadap peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MTs Nurul Iman Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, untuk mengetahui upaya pengembangan kompetensi pedagogik, guru pendidikan agama Islam di MTs Nurul Iman Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan- hambatan dalam proses upaya pengembangan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MTs Nurul Iman Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode wawancara kepada informan dan analisis data melalui reduksi data, pengelolaan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI di MTs Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun 2022/2023 sudah dilaksanakan dengan cukup baik oleh guru PAI dengan cara menguasai setiap keadaan didalam kelas ketika pembelajaran, seperti menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan evaluasi. Adapun upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam peningkatan kompetensi pedagogik di MTs Nurul Iman Kecamatan Tanjung Morawa adalah melalui berbagai pelatihan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan berbagai aktivitas yang dilakukan kepala sekolah dan kegiatan kepala sekolah melalui berbagai pelatihan guru. Selanjutnya hambatan yang dialami dalam pelaksanakan pengembangan kompetensi pedagogik guru MTs Nurul Iman Tanjung Morawa adalah meliputi keterbatasan waktu, tenaga danv biaya yang dimiliki guru, kurangnya minat dan pengetahuan yang dimiliki guru mengenai kompetensinya, kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, belum pernahnya guru melakukan penelitian tindakan kelas di sekolah sendiri. Kata kunci : Pengembangan, Kompetensi Pedagogik, dan Guru PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU240121;71190211024-
dc.subjectPengembangan, Kompetensi Pedagogik, dan Guru PAIen_US
dc.titleUPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NURUL IMAN KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography584.71 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract119.23 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II260.19 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V325.32 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.