Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2873
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NASUTION, ELLI DAYANTI | - |
dc.date.accessioned | 2024-03-22T03:52:53Z | - |
dc.date.available | 2024-03-22T03:52:53Z | - |
dc.date.issued | 2024-03-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2873 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK Nama: ELLI DAYANTI NASUTION NPM: 71190211107 Judul Skripsi: KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MODERN Tujuan pendidikan menurut Ibnu Khaldun adalah dengan meningkatkan keruhanian manusia dengan menjalankan praktik ibadah, dzikir, khalwat (menyendiri) dan mengasingkan diri dari keramaian untuk tujuan ibadah. Berkaitan dengan guru Ibnu Khaldun menghendaki agar pigur seorang guru harus mampu menjadi panutan dan mampu mengarahkan muridnya ke arah yang lebih baik dengan bimbingan dan arahan yang sesuai. Besarnya perhatian beliau dalam dunia pendidikan, menunjukkan bahwasanya pendidikan adalah aspek penting yang tidak bisa dipisahkan dalam sejarah kehidupan manusia. Berkaitan dengan metode Ibnu Khaldun mengkritik para pendidik (guru) yang tidak memahami metode mengajar dengan baik, misalnya memaksa anak untuk memforsir tanaga dan pikirannya. Maka beliau menyarankan agar tidak terlalu lama memberikan materi. Ibnu Khaldun menyarankan agar tidak menggunakan metode kekerasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut Ibnu Khaldun, bagaimana Konsep Pendidikan Agama Islam Modern, bagaimana relafansi Pendidikan Agama Islam yang ditawarkan Ibnu Khaldun terhadap pendidikan modern. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif literature yaitu dengan metode Lybrary Research dengan menganalisa berbagai literature yang berkaitan dengan konsep pendidikan Ibnu Khaldun dan pendidikan modern. Hasil penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut Ibnu Khaldun bahwa konsep pendidikan dan pengajaran Ibnu Khaldun, tidak hanya mementingkan keagamaan saja, melainkan juga dari segi keduniaan, lebih menonjolkan dan mementingkan konsep pendidikannya kepada pembentukan perilaku, akhlak dan budi pekerti. Hal ini dilakukan sebagai wujud apresiasi Ibnu Khaldun terhadap ajaran Islam yang bersumber dari Al-Quran dan hadits. Konsep Pendidikan Agama Islam Modern adalah pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional mesti dipertegas dengan memberi warna bagi praktik keilmuan yang dilakukan. Pendidikan Islam bukan saja mengajarkan ilmu-ilmu syari‟at semata, akan tetapi segala ilmu sesungguhnya berasal dari Allah SWT. Relevabsi Pendidikan Agama Islam yang ditawarkan Ibnu Khaldun terhadap pendidikan modernRelevansi dapat dilihat dari dua hal, pertama, pemikiran Ibnu Khaldun memiliki relevansi dengan pelaksanaan pendidikan Islam yang telah ada dan sedang dilaksanakan; dan kedua, pemikiran Ibnu Khaldun akan tetap relevan untuk diaktualisasikan dalam pelaksanaan pendidikan Islam dewasa ini, relevansi tersebut berkaitan dengan tujuan, kurikulum dan metode pendidikan Islam. Kata Kunci: Konsep Pendidikan, Ibnu Khaldun dan Pendidikan Modern | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU240120;71190211107 | - |
dc.subject | Konsep Pendidikan, Ibnu Khaldun dan Pendidikan Modern | en_US |
dc.title | KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN DAN RELAVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MODERN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 533.91 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 85.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 348.91 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 288.44 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.