Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2871
Title: PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PENGARUH NEGATIF MEDIA SOSIAL TERHADAP SISWA SISWI DI SMK NEGERI 1 PANTAI LABU KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG
Authors: WIDOSARI, DIAN
Keywords: Peran Guru, Pengaruh Negatif, Media Sosial, Siswa
Issue Date: 20-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240118;71190211034
Abstract: ABSTRAK PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PENGARUH NEGATIF MEDIA SOSIAL TERHADAP SISWA SISWI DI SMK NEGERI 1 PANTAI LABU KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG DIAN WIDOSARI 71190211034 Media sosial bukan hal asing lagi bagi masyarakat tidak terkecuali bagi siswa SMK, hal ini bisa dilihat begitu mudah komunikasi dilakukan antar siswa maupun antara siswa dan guru di sekolah. Bila digunakan sebagaimana mestinya media sosial memberi pengaruh yang baik terutama untuk kemudahan berkomunikasi namun bila penggunaan media sosial sudah menyimpang dari hal semestinya maka akan timbul hal-hal yang tidak diinginkan dalam hal ini media sosial bisa berpengaruh tidak baik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis data yang diperoleh melalui wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam. Temuan penelitian menunjukkan adanya dampak negatif dari media sosial terhadap siswa-siswi SMK Negeri 1 Pantai Labu. Dampak negatif tersebut meliputi kecenderungan siswa-siswi menjadi lalai dalam melaksanakan kewajiban utama mereka sebagai pelajar, yaitu belajar. Media sosial seringkali menjadi sumber gangguan yang menghambat konsentrasi siswasiswi dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat memengaruhi pergaulan siswa-siswi menjadi lebih bebas, termasuk dalam hal menjalin hubungan pacaran yang mungkin tidak sejalan dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi di lingkungan sekolah. Penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan media sosial dapat menyebabkan siswa-siswi mengalami kecanduan bermain game melalui internet. Kecanduan ini dapat menyebabkan siswa-siswi mengabaikan tugas-tugas sekolah dan menghabiskan waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar. Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat berdampak pada sikap dan perilaku siswa-siswi. Melalui media sosial, siswa-siswi dapat dengan mudah memberikan komentar tanpa pertimbangan yang matang dan menggunakan kata-kata yang tidak pantas. Hal ini dapat mengurangi sikap santun siswa-siswi dalam berkomunikasi, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Dalam mengatasi pengaruh negatif media sosial ini, peran guru Pendidikan Agama Islam menjadi sangat penting. Guru-guru ini berperan sebagai informator dan motivator yang membantu siswa-siswi memahami penggunaan media sosial yang baik dan benar, serta memberikan penekanan pada nilai-nilai moral dan etika yang harus dijunjung tinggi dalam berinteraksi di dunia maya. Guru-guru Pendidikan Agama Islam juga dapat memberikan bimbingan dan dukunganiii kepada siswa-siswi dalam memperbaiki akhlak dan perilaku yang terpengaruh oleh media sosial. Penelitian ini menegaskan perlunya peran aktif guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi pengaruh negatif media sosial. Guruguru ini dapat memberikan pendidikan dan pembelajaran yang melibatkan nilainilai agama dan etika dalam penggunaan media sosial. Selain itu, kerjasama yang baik antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat juga sangat penting dalam memberikan pemahaman yang konsisten mengenai pengaruh media sosial dan pentingnya mengontrol penggunaannya agar tidak berdampak negatif pada perkembangan siswa-siswi. Kata Kunci : Peran Guru, Pengaruh Negatif, Media Sosial, Siswa
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2871
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography991.6 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract87.91 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II383.36 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V357.03 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.