Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2866
Title: PERAN GURU AKIDAH AKHLAK SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI PADA ERA MILENIAL DI MTs NURUL AMALIYAH KEC. TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG
Authors: RANGKUTI, AL ASYARI
Keywords: Guru Akidah Akhlak, Fasilitator dan Karakter Islami
Issue Date: 20-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240113;71190211007
Abstract: ABSTRAK PERAN GURU AKIDAH AKHLAK SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI PADA ERA MILENIAL DI MTs NURUL AMALIYAH KEC. TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG AL ASYARI RANGKUTI NPM : 71190211007 Sebagai fasilitator, guru di harapkan berperan dalam menyumbangkan pelayanan yang prima termasuk menyediakan fasilitas demi memberi kemudahan dalam proses kegiatan belajar bagi anak didik. Lingkungan belajar yang rapih, suasana yang menyenangkan, sirkulasi udara yang baik dan meja serta kursi yang tertata rapih bisa di pastikan murid semangat dalam belajar.Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengembangkan karakter Islami pada era milenial di MTs Nurul Amaliyah Kec.Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang, 2). Menganalisis kendala guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengembangkan karakter Islami pada era milenial di MTs Nurul Amaliyah Kec.Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang, 3). Mengetahui solusi guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengembangkan karakter Islami pada era milenial di MTs Nurul Amaliyah Kec.Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pecandraan mengenai situasi dan kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1).Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengembangkan karakter Islami pada era milenial di MTs Nurul Amaliyah Kec.Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang adalah dengan, a. pembiasaan, b. bimbingan, c. teguran dan peringatan, d. nasehat, e. keteladanan. 2). Kendala guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengembangkan karakter Islami pada era milenial adalah, a. kekurangan waktu untuk bimbingan, b. Sebagian siswa sulit dibimbing dan dinasehati. 3). Solusi guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam mengembangkan karakter Islami pada era milenial adalah, a. memberikan nasehat, b. memberikan tanggung jawab,c. memberikan peringatan d. memelihara dan memberikan bekal ilmu pengetahuan. Kata Kunci: Guru Akidah Akhlak, Fasilitator dan Karakter Islami
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2866
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.35 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract157.26 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II754.65 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V655.4 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.