Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/274
Title: PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN
Authors: LASE, ALFREN PUTRA
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Konvensional
Contextual Teaching and Learning (CTL) approach, Critical Thinking Ability, Problem Solving Ability, and Conventional Approach
Issue Date: 22-Oct-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115050121;7115050121
Abstract: ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN Alfren Putra Lase Email: alfrenputra123@gmail.com Penelitian ini adalah penelitian “quasi experiment”, yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kontekstual dan konvensional, sedangkan variabel tak bebas dalah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 13 Medan, dan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa dan kelas XI MIA-5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Berdasarkan analisis deskriptif melalui perhitungan dengan spss menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model kontekstual lebih besar dibandingkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model konvensiona. Hasil temuan dalam penelitian ini berdasarkan analisis deskriptif melalui perhitungan spss menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih besar dibanding dengan persentase kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model konvensional. Analisis inferensial melalui uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan pengaruh sebesar 79,5%dan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 81,3%. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Konvensional. ABSTRACT THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH TO THE CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING ABILITY OF STUDENTS CLASS XI SMA NEGERI 13 MEDAN Alfren Putra Lase Email: alfrenputra123@gmail.com This study was a "quasi experiment", which is to find out the influence of contextual teaching and learning approach to the critical thinking and problem solving ability of students. The independent variable in this study is contextual and conventional learning approach, than the independent variable is the ctitical thinking and problem solving ability of students. The design of this study is Nonequivalent Control Group Design. Technique analysis of this data is descriptive and inferential analysis. The population in this study is the entire class XI of SMA Negeri 13 Medan, and the sample in this study is class XI MIA-4 as an experimental class with 34 students and class XI MIA-5 as a control class with 35 students. Based on descriptive analysis through calculating of SPSS showed that the percentage of critical thinking and mathematical problem solving abality of students who was learned by contextual approach is higher than the conventional approach. The result in this study are based on descriptive analysis through the calculating of SPSS showed that the average value of critical thinking and mathematical problem solving abality of students who was learned by contextual approach is greater than by conventional approach. Inferential analysis through hypothesis testing showed that the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model has a positive and significant influence of critical thinking ability with an influence of 79.5% and and problem solving ability of students by 81.3%. Key Words: Contextual Teaching and Learning (CTL) approach, Critical Thinking Ability, Problem Solving Ability, and Conventional Approach.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/274
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alfren Putra Lase.pdf140 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.