Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/260
Title: PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI REDOKS DIKELAS X MIPA SMA NEGERI 3 BUKIT BATU RIAU
Authors: Suherni
Keywords: Science Process Skills, Inquiry, Redox Material
Keterampilan Proses Sains, Inkuiri, Materi Redoks
Issue Date: 22-Oct-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 71160517010;71160517010
Abstract: PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI REDOKS DIKELAS X MIPA SMA NEGERI 3 BUKIT BATU RIAU Suherni Email: annebroo6@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peningkatan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran inkuiri pada Materi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Bukit Batu Riau dan untuk mengetahui aspek rata-rata keterampilan proses sains siswa yang terukur melalui model pembelajaran inkuiri pada Materi Redoks. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil yaitu kelas X MIPA dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa sebagai kelas yang menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains pada konsep Redoks. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen tes keterampilan sains dalam bentuk non tes berupa lembar observasi dan tes berupa uraian. Tes keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan berkomunikasi, keterampilan merumuskan masalah, keterampilan menggunakan alat dan bahan, keterampilan meramalkan (prediksi), keterampilan mengamati (observasi), keterampilan menafsirkan (interpretasi) dan keterampilan mengelompokkan (klarisikasi). Berdasarkan hasil lembar observasi dari semua aspek Keterampilan Proses Sains yang terukur terlihat bahwa aspek mengamati (observasi) merupakan aspek yang tertinggi yang dicapai oleh siswa yaitu dengan nilai rata- rata 91%. Berdasarkan hasil lembar observasi dari semua aspek keterampilan proses sains yang terukur terlihat bahwa aspek merumuskan masalah merupakan aspek yang terendah yang dicapai siswa yaitu dengan nilai rata- rata 74%. Kategori penelitian keterampilan proses ini dikategorikan sangat baik. Sedangkan skor N Gain diperoleh sebesar 0,52 dan diketegorikan sedang. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Inkuiri, Materi Redoks ENHANCEMENT OF SCIENCE PROCESS SKILLS THROUGH INQUIRY LEARNING MODELS IN REDOX MATERIALS CLASS X MIPA 3 STATE HIGH SCHOOL OF BUKIT BATU RIAU Suherni Email: annebroo6@gmail.com This study aims to analyze the improvement of science process skills through inquiry learning models in Redox Material in Class X MIPA Bukit Batu 3 SMA Negeri . The design of this study uses a class action research model (CAR). The research was conducted at Bukit Batu 3 High School, Bengkalis Regency, Riau Province. The sample used in this study was taken, namely class X MIPA with the number of students as many as 23 students as a class who used the science process skills test instrument on the Redox concept. The instrument in this study was to use a science skill test instrument in the form of a non-test in the form of an observation sheet and a test in the form of a description. Tests of science process skills used in this study include communication skills, problem formulation skills, skills using tools and materials, forecasting skills (predictions), observing skills (interpreting), interpreting skills (interpretation) and grouping skills (klarisikasi). Science Process Skills that are measured, it can be seen that the aspect of observing is the highest aspect achieved by students, with an average value of 91%. Based on the results of the observation sheet of all aspects of the science process skills that are measured, it can be seen that the aspects of formulating the problem are the lowest aspects achieved by students, with an average value of 74%. The research category of this process skill is categorized very well. While the N Gain score is obtained at 0.52 and is categorized medium. Keywords: Science Process Skills, Inquiry, Redox Material
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/260
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Suherni.pdf14.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.