Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/249
Title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK DENGAN TANYA JAWAB MENGENAI KEHIDUPAN MASYARAKAT BERBURU DAN MENGUMPULKAN MAKANAN KELAS X SMA SWASTA UISU MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Authors: HEPIRIUS
Keywords: Model Pembelajaran Kerja Kelompok, Tanya Jawab dan Hasil Belajar Sejarah
Group Work Learning Model, Question and Answer and Historical Learning Outcomes
Issue Date: 14-Oct-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7113050069;7113050069
Abstract: ABSTRAK PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOK DENGAN TANYA JAWAB MENGENAI KEHIDUPAN MASYARAKAT BERBURU DAN MENGUMPULKAN MAKANAN KELAS X SMA SWASTA UISU MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020 HEPIRIUS Email: epirius93@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Sejarah menggunakan model pembelajaran kerja kelompok dan Tanya Jawab, serta perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kerja kelompok dengan model pembelajaran tanya jawab pada materi Corak Kehidupan Masyarakat Masa Pra-aksara di kelas X SMA Swasta UISU Medan tahun ajaran 2019/2020. Populasi seluruh siswa kelas X berjumlah 50 siswa, seluruhnya ditetapkan sebagai sampel yakni siswa kelas X.IPS.1 sebagai kelompok eksperimen I yang diajar menggunakan model pembelajaran Kerja Kelompok dan kelas X.IPS.2 sebagai kelompok eksperimen II yang diajar menggunakan model pembelajaran Tanya Jawab. Masing-masing kelompok sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal, setiap soal diiringi 4 pilihan jawaban. Tes ini diujikan setelah tiap kelompok mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kerja Kelompok dan Tanya Jawab. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka rata-rata nilai variabel X1 dan variabel X2 diperbandingkan satu sama lain. Perbandingan yang digunakan adalah statistik t-Tes yakni uji beda rata-rata dua kelompok sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh hasil penelitian bahwa: hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kerja kelompok memperoleh nilai rata-rata 80,32 termasuk dalam kategori A (baik sekali), sedangkan yang diajar menggunakan model pembelajaran tanya jawab memperoleh nilai rata-rata 66,40 termasuk dalam kategori C (cukup). Model pembelajaran Kerja Kelompok lebih baik dibandingkan model pembelajaran Tanya Jawab dengan perbedaan sebesar 20,96%, artinya siswa yang dibimbing menggunakan model pembelajaran Kerja Kelompok lebih baik sebesar 20,96%. Hal ini menandakan model pembelajaran Kerja Kelompok lebih baik digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Tanya Jawab. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kerja Kelompok, Tanya Jawab dan Hasil Belajar Sejarah ABSTRACT COMPARISON OF LEARNING OUTCOMES OF WORK LEARNING MODEL GROUPS WITH QUESTIONS ABOUT LIFE COMMUNITY HUNTING AND COLLECTING FOOD CLASS X SMA SWASTA UISU MEDAN ACADEMIC YEAR 2019/2020 HEPIRIUS Email: epirius93@gmail.com This study aims to determine the history of learning outcomes using the group work learning model and questions and answers, as well as differences in student learning outcomes taught using the group work learning model with the question and answer learning model in the Pre-Literature Community Life Style material in class X UISU Private High School Medan school year 2019/2020. The population of all students of class X amounted to 50 students, all of which were determined as samples, namely students of class X.IPS.1 as the experimental group I who were taught using the Group Work learning model and class X.IPS.2 as the experimental group II who were taught using the Question and Answer learning model . Each group of 25 students. This study uses an experimental method, with 25 multiple choice test learning outcomes test instruments, each question is accompanied by 4 answer choices. This test is tested after each group follows learning using the Group Work and Q&A learning model. Because this study is comparative in nature, the average value of the X1 and X2 variables are compared with each other. The comparison used is the t-Test statistic, which is the average difference test of two independent sample groups. Based on the results of data analysis and statistical tests obtained by research results that: student learning outcomes taught using the group work learning model obtained an average value of 80.32 included in category A (excellent), while those taught using the question and answer learning model obtained an average grade average 66,40 included in category C (enough). The Group Work learning model is better than the Question and Answer learning model with a difference of 20.96%, meaning that students who are guided using the Group Work learning model are better at 20.96%. This indicates that the Group Work learning model is better used in improving the history of learning outcomes compared to using the Q&A learning model. Keywords: Group Work Learning Model, Question and Answer and Historical Learning Outcomes
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/249
Appears in Collections:Pendidikan Sejarah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HEPIRIUS.pdf13.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.