Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2203
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAlpando, Riki-
dc.date.accessioned2023-09-22T02:50:02Z-
dc.date.available2023-09-22T02:50:02Z-
dc.date.issued2023-09-22-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2203-
dc.description.abstractABSTRAK PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN-KESULITAN MEMBACA ALQURAN DI SMA NURHASANAH MEDAN HARJOSARI Riki Alpando NPM: 71180211029 Penelitian ini membahas tentang bagaimana Peranan guru PAI mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. adapun tujuan dalam penelitian yaitu : 1) Untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA Nurhasanah Medan Harjosari 2) Untuk mengetahui Bentuk kesulitan dan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMA Nurhasanah Medan Harjosari 3) Untuk mengetahui Peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMA Nurhasanah Medan Harjosari , Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian adalah field research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumer data yang digunakan adalah sumer data primer meliputi kepala SMA, Waka Kesiswaan, guru PAI, Wali Murid dan siswa siswi di SMA Nurhasanah Medan Harjosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pembelajaran Al-Qur’an di SMA Nurhasanah Medan Harjosari, menggunakan metode yanbu’a. Dimana awalnya siswasiswi di saring untuk dikelompokkan sesuai dengan kemmapuan membaca AlQur’annya. bagi siswa-siswi yang kurang dalam membaca Al-Qur’an maka akan dimasukankedalam kelompok belajar membaca Al-Qur’an sesuai tingkatan jilidnya. Dan bagi siswa-siswi dengan bacaan yang baik akan dimasukan kedalam kelompok khotmil Al-Qur’an. 2) Bentuk kesulitan yang dihadapi siswa-siswi SMA Nurhasanah Medan Harjosari, dalam membaca Al-Qur’an ialah mengenai makharijul huruf, Ilmu Tajwid, dan panjang pendek bacaan. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an umumnya dikarenakan faktor perhatian keluarga, lingkungan masyarakat, teman sebaya, riwayat pendidikan AlQur’an dan alat elektronik Hp. 3) Peranan guru PAI di SMA Nurhasanah Medan Harjosari, lebih banyak mengarah ke sisi minat siswa. Guru ingin memunculkan minat dan motivasi siswa terlebih dahulu untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan cara memberikan nasihat, motivasi dan membuat suasana pembelajaran kondusif dan menyenangkan. Kemudian memaksimalkan metode dan media yang ada dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Kata kunci : Peranan Guru PAI, Kesulitan, membaca Al-Qur’anen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230542;71180211029-
dc.subjectPeranan Guru PAI, Kesulitan, membaca Al-Qur’anen_US
dc.titlePERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN-KESULITAN MEMBACA ALQURAN DI SMA NURHASANAH MEDAN HARJOSARIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography624.66 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract183.79 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1.28 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.