Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2194
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MUTIA, NANDA | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-22T02:15:40Z | - |
dc.date.available | 2023-09-22T02:15:40Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-22 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2194 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK METODE PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH DAN RELAVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI NANDA MUTIA 71190211012 Karakter mempunyai peran yang sangat penting dalam diri manusia, karakter juga memberikan gambaran tentang suatu bangsa dan juga memberikan arahan tentang bagaimana bangsa melewati suatu zaman dan mengantarkannya pada suatu derajat tertentu. Sehingga generasi milenial yang hidup di era teknologi semakin canggih ini tidak larut dan melupakan nilai-nilai karakter, maka rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep karakter dan metode pembentukan karakter dalam perspektif Hamka, dan bagaimana penyelesaian masalah karakter yang buruk pada generasi milenial menurut Hamka. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian keperpustakaan (library research) dengan analisis-deskriptif. Adapun hasil penelitian yang penulis peroleh ialah karakter dalam perspektif Hamka adalah sifat yang timbul dalam diri manusia untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan hingga mudah untuk melakukan tanpa ada dorongan dari luar. Adapun metode pembentukan karakter dalam pandangan Hamka meliputi triologi metode; memunculkan karakter, menguatakan karakter dan kesempurnaan karakter. Memunculkan karakter dengan daya tarik, cerdik, empati, bijaksana dan berani. Menguatkan karakter dengan memiliki tujuan, keinginan bekerja, rasa wajib, pengaruh agama dan iman serta pengaruh ibadah dan shalat. Kesempurnaan karakter yang diharapkan ialah memiliki pandangan hidup, bertanggung jawab, ikhlas dan berperasaan halus. Kata Kunci: Metode Pendidikan, Pemikiran, Hamka, Karakter. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230534;71190211012 | - |
dc.subject | Metode Pendidikan, Pemikiran, Hamka, Karakter | en_US |
dc.title | METODE PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH DAN RELAVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 456.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 194.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 799.41 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 538.09 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.