Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2188
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Waehama, Mr. Muhammadsukree | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-21T04:10:08Z | - |
dc.date.available | 2023-09-21T04:10:08Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-21 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2188 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ILMU AGAMA ISLAM DI MA’HAD ISLAHUDDIN WITTAYA YALA THAILAND SELATAN Oleh : Mr.Muhammadsukree Waehama NPM : 71170211019 Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana implementasi dan hambatan sistem pembelajaran ilmu agama Islam di Ma’had Islahuddin Wittaya Yala Thailand Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Ma’Had Islahuddin Wittaya Yala Thailand Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dan faktor faktor penghambat Sistem Pembelajaran Ilmu Agama Islam di Ma’Had Islahuddin Wittaya Yala Thailand Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir dari penelitian ini bahwa Pelaksanaan Sistem Pembalajaran ilmu Agama Islam di Ma’had Islahuddin Wittaya Yala Thailand Selatan telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari adanya keterkaitan erat antara komponen-komponen pembelajaran dengan proses pembelajaran berlangsung serta hasil wawancara dengan kepala sekolah dan sejumlah guru di Ma’had Islahuddin Wittaya Yala Thailand Selatan. Adapun komponen-komponen tersebut adalah: tujuan, materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran saling berkaitan satu sama lain sehingga pembelajaran berjalan dengan baik. Ma’had Islahuddin Wittaya Yala Thailand Selatan merupakan sebuah lembaga pendidikan agama Islam di bawah pimpinan Majlis Agama Islam Wilayah Yala Thailand Selatan, ikut menjalankan dan melaksanakan sistem pendidikan secara persekolahan dari tingkat Ibtidaiyah, Mutawisitoh dan Tsanawiyah. Dan mempunyai pendidikan di bidang agama dengan menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi dalam menyampaian materi pengajaran. Metode pembelajaran yang digunakan metode ceramah, metode diskusi, metode eksperimen/mencoba, metode cerita dan metode karyawisata. Sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah Ma’Had Islahuddin Wittaya Yala Thailand Selatan adalah bertujuan untuk pembinaan umat agar para siswa dibina lebih dapat meningkat keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah yang sesuai dengan filsafat Ma’had Islahuddin Wittaya Yala yaitu pandai membuat dan pandai menyelesaikan masalah, dimana bukan saja untuk menghadapi dunia modern ini, juga mampu bertanggungjawab di depan sang Kholiq Allah SWT. Kata Kunci: Implementasi, sistem pembelajaran ilmu agama Islam | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230529;71170211019 | - |
dc.subject | Implementasi, sistem pembelajaran ilmu agama Islam | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ILMU AGAMA ISLAM DI MA’HAD ISLAHUDDIN WITTAYA YALA THAILAND SELATAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 571.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 210.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 502.01 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 346.35 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.