Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2181
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMARSHELLA, LIDYA-
dc.date.accessioned2023-09-21T03:30:07Z-
dc.date.available2023-09-21T03:30:07Z-
dc.date.issued2023-09-21-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2181-
dc.description.abstractABSTRAK UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP TAWADHU SISWA DI MTs DARUL ILMI, BATANG KUIS, KABUPATEN DELI SERDANG, TAHUN AJARAN 2022/2023 Oleh LIDYA MARSHELLA NPM. 71190211106 Sikap tawadhu’ adalah sikap rendah hati. Dalam ajaran agama islam sikap tawadhu’ merupakan hal yang sangat penting di miliki bagi setiap individu agar terciptanya akhlak yang baik (mahmudah). Namun, disisi lain adajuga mukmin yang tidak mementingkan sikap tawadhu’, karena merasa dirinya lebih dari orang lain. Siswa MTs Darul Ilmi tentunya terdapat perbedaan karakter antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya, ada yang baik dan ada yang kurang baik. Disini peneliti memfokuskan pada perilaku siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam membentuk sikap tawadhu’ siswa di MTs Darul Ilmi Batang Kuis, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat serta mendeskripsikan dampak dari penerapan sikap tawadhu’. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer ialah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan peserta didik, sedangkan yang menjadi sumber data sekunder pada penelitian ini ialah berupa referensi, dokumentasi dan observasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ialah pembiasaan yang dilakukan berupa berbicara santun, suka menolong sesama, menghargai pendapat, patuh terhadap nasehat guru dan rajin belajar merupakan upaya pembentukan sikap tawadhu siswa. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk sikap tawadhu’ siswa di MTs Darul Ilmi adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalterdiri dari diri sendiri, kemudian faktor ekternalnya terdiri dari keluarga, pendidik dan lingkungan sekitar. Dampak dari penerapan sikap tawadhu’ adalah siswa yang ada di MTs Darul Ilmi perilakunya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kata Kunci : Sikap Tawadhu’, Guru Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230523;71190211106-
dc.subjectSikap Tawadhu’, Guru Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleUPAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP TAWADHU SISWA DI MTs DARUL ILMI, BATANG KUIS, KABUPATEN DELI SERDANG, TAHUN AJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography1.3 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract102.9 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II424.38 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V523.02 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.