Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2177
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | DANI, INDRI RAHMA | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-21T03:15:10Z | - |
dc.date.available | 2023-09-21T03:15:10Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-21 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2177 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK INDRI RAHMA DANI 71190211075 Analisa Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMA N 1 Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai. Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Keberadaan bimbingan konseling di lembaga pendidikan yang mengatasnamakan islam dalam menjalankan tugas bimbingannya tentu harus berpegang teguh pada ajaran islam yang baik. Salah satu tugas guru BK adalah membantu meningkatkan motivasi belajar. Motivasi adalah keadaan internal organisme (manusia ataupun hewan) yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Bagaimana peran bimbingan konseling islam dalam motivasi belajar siswa di SMA N 1 Serba Jadi, serta bagaimana teknik layanan bimbingan konseling islam dalam memotivasi belajar siswa serta bimbingan konseling apa saja yang sudah diterapkan dalam memotivasi belajar siswa di SMA N 1 Serba Jadi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk layanan bimbingan konseling islam, Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan juga untuk mengetahu peran bimbingan konseling islam. Manfaat penelitian ini adalah menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bimbingan konseling islam sebagai sumbangan pemikiran dan bahan masukkan dalam rangka untuk menerapkan pengembangan ilmu pengetahuan bimbingan konseling islam serta meningkatkan kualitas guru BK dalam melaksanakan teknik layanan bimbingan konseling islam dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh data primer yaitu kepala sekolah, guru BK/guru PAI dan peserta didik yang menjadi sampei, serta dari data sekunder (buku-buku, jurnal dan penelitian terdahulu yang menjadi reverensi). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan diproses secara sistematis melalui reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Jenis bimbingan yang diberikan guru BKI adalah bimbingan individu, bimbingan kelompok, dan konsultasi. Bimbingan individu dimaksudkan memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk membahas permasalahan dan dibimbing secara individu. Bimbingan kelompok dimaksud memberikan bimbingan secara kelompok kepada siswa. Selain itu agar siswa yang lain dapat memberi pendapat terhadap permasalahan yang ada. Konsultasi yaitu layanan yang dibeikan ketika konsultan lain meminta pendapat terhadap guru BKI yang mengalami kesulitan dalam mengatasi permasalahan. Peran guru BKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas X IPS 1 dengan memberikan dorongan merubah pola hidup yang negatif menjadi ppositif dan membimbing siswa sesuai dengan tujuan di masa depannya. Agar siswa lebih siap dalam menghadapi resiko yang akan terjadi serta dapat mengatasinya. ABSTRAK INDRI RAHMA DANI 71190211075 Analisa Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMA N 1 Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai. Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Keberadaan bimbingan konseling di lembaga pendidikan yang mengatasnamakan islam dalam menjalankan tugas bimbingannya tentu harus berpegang teguh pada ajaran islam yang baik. Salah satu tugas guru BK adalah membantu meningkatkan motivasi belajar. Motivasi adalah keadaan internal organisme (manusia ataupun hewan) yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Bagaimana peran bimbingan konseling islam dalam motivasi belajar siswa di SMA N 1 Serba Jadi, serta bagaimana teknik layanan bimbingan konseling islam dalam memotivasi belajar siswa serta bimbingan konseling apa saja yang sudah diterapkan dalam memotivasi belajar siswa di SMA N 1 Serba Jadi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk layanan bimbingan konseling islam, Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan juga untuk mengetahu peran bimbingan konseling islam. Manfaat penelitian ini adalah menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bimbingan konseling islam sebagai sumbangan pemikiran dan bahan masukkan dalam rangka untuk menerapkan pengembangan ilmu pengetahuan bimbingan konseling islam serta meningkatkan kualitas guru BK dalam melaksanakan teknik layanan bimbingan konseling islam dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh data primer yaitu kepala sekolah, guru BK/guru PAI dan peserta didik yang menjadi sampei, serta dari data sekunder (buku-buku, jurnal dan penelitian terdahulu yang menjadi reverensi). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan diproses secara sistematis melalui reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Jenis bimbingan yang diberikan guru BKI adalah bimbingan individu, bimbingan kelompok, dan konsultasi. Bimbingan individu dimaksudkan memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk membahas permasalahan dan dibimbing secara individu. Bimbingan kelompok dimaksud memberikan bimbingan secara kelompok kepada siswa. Selain itu agar siswa yang lain dapat memberi pendapat terhadap permasalahan yang ada. Konsultasi yaitu layanan yang dibeikan ketika konsultan lain meminta pendapat terhadap guru BKI yang mengalami kesulitan dalam mengatasi permasalahan. Peran guru BKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas X IPS 1 dengan memberikan dorongan merubah pola hidup yang negatif menjadi ppositif dan membimbing siswa sesuai dengan tujuan di masa depannya. Agar siswa lebih siap dalam menghadapi resiko yang akan terjadi serta dapat mengatasinya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230519;71190211075 | - |
dc.subject | Bimbingan Konseling Islam dan Motivasi Belajar | en_US |
dc.title | ANALISA PERAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA N 1 SERBA JADI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 416.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 8.29 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 486.9 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 351.97 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.