Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2173
Title: | EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIZ QUR’AN PADA MASA COVID-19 MELALUI SISTEM DARING DI MA’HAD TAHFIZ IMAM AHMAD ABI ABDILLAH TANJUNG MORAWA MEDAN |
Authors: | Pasaribu, Haris Saputra |
Issue Date: | 21-Sep-2023 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230515;71180211044 |
Abstract: | ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIZ QUR’AN PADA MASA COVID-19 MELALUI SISTEM DARING DI MA’HAD TAHFIZ IMAM AHMAD ABI ABDILLAH TANJUNG MORAWA MEDAN Haris Saputra Pasaribu 71180211044 Skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran tahfiz qur’an pada masa covid-19 melalui sistem daring di ma’had imam ahmad abi abdillah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tahfidz AlQur’an pada masa covid-19 di ma’had imam ahmad abi abdillah dalam mengajarkan dan melatih para santri dalam menghafalkan Al-Qur’an secara utuh melalui sistem daring. Selain itu juga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dimulai dari perencanaan, proses pembelajaran, metode pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan di ma’had imam ahmad abi abdillah dengan maksud seberapa efektif pembelajaran qur’an pada masa covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tahfidzul qur’an dan para santri dan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis datamenggunakan analisis interaktif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektivan pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 ma’had imam ahmad abi abdillah belum berjalan efektif karena ada beberapa kendala yang menjadikan pembelajaran online tersebut belum berjalan maksimal diantaranya kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajarn online belum memadai, dan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli kouta internet. Sehingga hasil belajar yang diberikan oleh pembelajar tidak 100% lancar atau efektif. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2173 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 262.61 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 114.16 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 390.83 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 211.17 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.