Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2158
Title: PERANAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA MORAL PESERTA DIDIK MTs NEGERI 1 GAYO LUES
Authors: Ramud, Dara Elia
Keywords: Kompetensi , Profesional Guru, Membina ,Moral
Issue Date: 14-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230502;71190211001
Abstract: ABSTRAK PERANAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA MORAL PESRTA DIDIK MTs NEGERI 1 GAYO LUES Dara Elia Ramud NPM 71190211001 Skripsi ini berjudul “ Peranan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Peserta Didik MTs Negeri 1 Gayo Lues “ skipsi ini ditulis oleh Dara Elia Ramud Npm, 71190211001, Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Pendidikan merupakan suatu proses belajar yang dapat menghasilkan perubahan kearah positif. Proses belajar mengajar merupakan aktivitas yang palin penting. Karena melalui proses itulah tujuan pendidikan aka tercapai dalam bentuk perubahan perilaku siswa. Tujuan peelitian ini untuk mengetahui Peranan Kompeteensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Peserta Didik Penelitin ini menggunakan pendekataan kualitatif deskriptif naturalistik, yaitu aktifitas penelitian yang berupaya mencari makna yang mendasari perilaku manusia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, obesrvasi, dokumentasi dan angket. Angket sebagai alat untuk menyaring jawaban siswa, wawancara dilakukan terhadap guru PAI dan observasi dilakukan dengan melihat guru ketika mengajar didalam kelas, serta mengamati kondisi sekolah dan segala objek penelitin disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Pesrta Didik sudah mencapai dan mempunyai nilai positif yang dilakukan pada anak didik, karena apabila pembinaan moral itu baik maka baik pula anak didik itu begitu pula sebaliknya. Pembinaan-pembinaan yang diberikan kepada anak didik tersebut berupa kebiasan-kebiasaan serta contoh suri tauladan yang baik, yang itu dilakukan dilingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah (guru), dan lingkungan masyarakat. Kemudian guru pendidikan agama Islam mampu menjadi sebagai motivator pergerakan sikap baik siswa yang tujuan dengan adanya perbaikan disisipembinaan moral. Kata Kunci : Kompetensi , Profesional Guru, Membina ,Moral
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2158
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography445.57 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract151.86 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II967.35 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V306.38 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.