Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2155
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRAMUSTIKA, ANISYAH-
dc.date.accessioned2023-09-14T03:40:40Z-
dc.date.available2023-09-14T03:40:40Z-
dc.date.issued2023-09-14-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2155-
dc.description.abstractABSTRAK RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IMAM AL-GHAZALI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 TANAH JAWA KECAMATAN TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN PADA ERA MILENIAL Oleh ANISYAH PRAMUSTIKA NPM. 71190211104 Pendidikan merupakan upaya persiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan Menurut Imam Al-Ghazali pendidikan benar merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pendidikan menghantarkan manusia untuk menggapai kebahagiaan didunia dan diakhirat, juga sebagai sarana menebar keutamaan. Penelitian ini bertujuan: “Untuk mengetahui Relevansi Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali Terhadap Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tanah Jawa Pada Era Milenial.” Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Yang menjadi sumber data primer pada penelitian ini yaitu guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan peserta didik yang beragama Islam, sedangkan yang menjadi sumber data sekunder pada penelitian ini yaitu berupa studi kepustakaan, referensi, dokumentasi dan observasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini bahwa relevansi pemikiran pendidikan Imam Al-Ghazali sangat relevan dengan tujuan pendidikan, metode, dan subjek pendidikan pada pendidik di SMAN 1 Tanah Jawa. Adapun hasil dari penelitian pendidikan agama Islam di SMAN 1 Tanah Jawa ini yang relevan terhadap pemikiran pendidikan Imam AlGhazali yaitu terlihat pada tujuan pendidikan agama Islam yang memililki tujuan berupa penekanan pada pendidikan akhlak siswa sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt., untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Juga terlihat pada metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam serta yang menjadi subjek pendidikan yang terlihat pada guru. Dan masih kurang relevan terhadap kurikulum dan subjek pendidikan yang terlihat pada siswa. Kata Kunci : Pendidikan, Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali, SMAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230499;71190211104-
dc.subjectPendidikan, Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali, SMAen_US
dc.titleRELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IMAM AL-GHAZALI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 TANAH JAWA KECAMATAN TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN PADA ERA MILENIALen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography688.85 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract192.59 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II687.99 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.