Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2150
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | YANI, AGUS SRI | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-14T02:51:30Z | - |
dc.date.available | 2023-09-14T02:51:30Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-14 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2150 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS VII SMP ERIA TELADAN BARAT KECAMATAN MEDAN KOTA Oleh AGUS SRI YANI 71190211009 Pendidikan merupakan kebutuhan utama untuk kemajuan manusia. Islam mensyariatkan pendidikan tidak hanya menghasilkan manusia-manusia yang cerdas akal, tetapi juga manusia yang berbudi luhur. Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan untuk menjadikan peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP ERIA Teladan Barat Kecamatan Medan Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian quasi eksperiment dengan rancangan pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dari 60 siswa yang terbagi dalam 2 kelas, yaitu kelas VII-1 terdapat 30 siswa dan kelas VII-2 terdapat 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalah tes hasil belajar berupa tes pilihan berganda dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dimana uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t tes. Hasil penelitian dan pembahasan nilai yang mendapat perolehan rata-rata kelas eksperimen pada pretest 28,67 dan postest 76,17, sedangkan untuk rata-rata kelas kontrol pada pretest 27,17 dan postest 69,67, dengan menggunakan deskriptiv statistik lebih besar nilai kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Uji kolmogorov-smirnov dan shapiro-wilk pada pretest-postest kelas eksperimen > 0,05 dan pada kelas kontrol > 0,05 berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas potest kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai Signifikasi mean (a) sebesar 0,845 > 0,05adalah homogeny. Uji paired sampel test pretest-postest kelas eksperimen (metode kontekstual) pair 1 nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan pada kelaskontrol (konvensional) pair 2 nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan output pair 1 bahwa terdapat pengaruh metode kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP ERIA Teladan Barat Kecamatan Medan Kota. Kata kunci: pendidikan, (contextual theaching and learning), hasil belajar | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230494;71190211009 | - |
dc.subject | pendidikan, (contextual theaching and learning), hasil belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS VII SMP ERIA TELADAN BARAT KECAMATAN MEDAN KOTA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.24 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 87.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 420.83 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 403.94 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.