Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2118
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MENGGUNAKAN MOODLE LMS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELASS XI SMA NURUL AMALIYAH |
Authors: | YOLANDA, ELLA |
Keywords: | Media Ajar, Moodle LMS, Thiagarajan 3-D |
Issue Date: | 13-Sep-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230469;71180514001 |
Abstract: | ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MENGGUNAKAN MOODLE LMS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NURUL AMALIYAH Oleh Ella Yolanda Email: ellayolanda19@gmail.com Penelitian ini membahas tentang pengembangan Media Ajar menggunakan moodle lms pada materi barisan dan deret aritmatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Nurul Amaliyah berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D, dalam penelitian ini penulis hanya sampai pada tahap 3-D yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2) Desain (design), dan (3),pengembangan (development). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar menggunakan moodle lms untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Nurul Amaliyah, Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI pada semester genap 2021/2022 kemudian dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 30 siswa dikelas XI IPA 1 sebagai uji coba 1 dan 30 siswa dikelas XI IPA 1 sebagai uji coba 2. Model pengembangan yang digunakan Thiagarajan 4-D, dalam penelitian ini penulis hanya sampai pada tahap 3-D yaitu tahap pengembangan (development). Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan soal test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian yang dikembangkan Media Ajar menggunakan Moodle LMS pada materi barisan dan deret aritmatika di SMA Nurul Amaliyah memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil dari penilaian 4 orang validator dengan skor ratarata 86% dan berada pada kategori sangat valid, praktis diperoleh dengan angket respon siswa yang mendapat skor rata-rata 4,5 dan berada pada kategori baik, dan keefektifan perangkat pembelajaran berupa media ajar dikatakan efektif dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 90% telah memenuhi kriteria efektif. Kata kunci: Media Ajar, Moodle LMS, Thiagarajan 3-D |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2118 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.28 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 232.9 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 413.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.21 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.