Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2114
Title: | PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA RAKYAT BERBASIS LITERASI SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN |
Authors: | Ayuwaningsih, Windy |
Keywords: | Multimedia interaktif, Teks Cerita Rakyat, Literasi |
Issue Date: | 12-Sep-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230465;71180513001 |
Abstract: | Windy Ayuwaningsih 71180513001 Email : Windyayuwaningsih11@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan. (2) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan (3) Mengetahui efektivitas produk pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model DDD-E deside, desaign, develop, dan evaluate. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain media, ahli desain grafis pada media, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan. Hasil validasi dari ahli materi dalam pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan. menunjukkan bahwa kelayakan isi pada multimedia diperoleh hasil ratarata 81,2% dalam kriteria sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh hasil presentase rata-rata 90% pada kriteria sangat baik, kebahasaan yang dipergunakan mendapakan presentase rata-rata 83,3% pada kategori sangat baik dan kegrafikan diperoleh hasil presentase rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Hasil validasi dari ahli desain terhadap kelayakan desain dalam pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa yang dikembangkan menunjukkan bahwa aspek panduan dan informasi memiliki persentase rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik, operasional perangkat lunak dengan presentase rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik, dan sistematika, estetika dan prinsip media dengan presentase rata-rata 81,1% pada kriteria sangat baik. Kata Kunci : Multimedia interaktif, Teks Cerita Rakyat, Literasi |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2114 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 2.99 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 330.66 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 646.72 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.28 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.