Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2110
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BUKU TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA ABDI NEGARA BINJAI
Authors: WINASTASIA, NOVIA
Keywords: Model Pengembangan 4D, Kuantitatif, Pre Eksperimental Design, Media Pembelajaran, Buku Tiga Dimensi, Menulis Puisi
Issue Date: 12-Sep-2023
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230461;71200513035
Abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan pengembangan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran buku tiga dimensi untuk siswa kelas X pada materi menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model 4D, yang terdiri dari Define, Design, Development, Disseminate. Untuk analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan untuk menguji keefektifan media pembelajaran menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Hasil penelitian pada tahap validasi terdiri dari 4 orang, yaitu 2 validasi ahli materi dengan perolehan presentase 90,66% dan 2 validator ahli media memperoleh presentase 89%, dengan kategori “Sangat Baik”. Untuk menilai kepraktisan media ini dilakukan oleh guru mata pelajaran dan siswa X ODTKP yang berjumlah 32 orang. Dimana hasil penialain guru memperoleh presentase 94% dan penilaian siswa 87,02%, dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil keefektifan media, maka diperoleh rata-rata posttest lebih tinggi setelah diterapkan media pembelajaran buku tiga dimensi dibandingkan rata-rata pretest sebelum menerapkan media pembelajaran buku tiga dimensi. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan media buku tiga dimensi adalah 57,62. Setelah diterapkan media buku tiga dimensi diperoleh nilai rata-rata 75. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial dengan menggunakan rumus uji t,menunjukkan bahwa nilai tHitung = 14,00 dan tTabel = 1,69, maka diperoleh tHitung > tTabel yaitu 14,00 > 1,69, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa penggunaan media buku tiga dimensi efektif dalam pembelajaran menulis puisi kelas X SMK Abdi Negara Binjai. Kata Kunci: Model Pengembangan 4D, Kuantitatif, Pre Eksperimental Design, Media Pembelajaran, Buku Tiga Dimensi, Menulis Puisi
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2110
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography4.03 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract495.87 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II861.37 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.