Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2110
Title: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BUKU TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA ABDI NEGARA BINJAI |
Authors: | WINASTASIA, NOVIA |
Keywords: | Model Pengembangan 4D, Kuantitatif, Pre Eksperimental Design, Media Pembelajaran, Buku Tiga Dimensi, Menulis Puisi |
Issue Date: | 12-Sep-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230461;71200513035 |
Abstract: | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan pengembangan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran buku tiga dimensi untuk siswa kelas X pada materi menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model 4D, yang terdiri dari Define, Design, Development, Disseminate. Untuk analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan untuk menguji keefektifan media pembelajaran menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Hasil penelitian pada tahap validasi terdiri dari 4 orang, yaitu 2 validasi ahli materi dengan perolehan presentase 90,66% dan 2 validator ahli media memperoleh presentase 89%, dengan kategori “Sangat Baik”. Untuk menilai kepraktisan media ini dilakukan oleh guru mata pelajaran dan siswa X ODTKP yang berjumlah 32 orang. Dimana hasil penialain guru memperoleh presentase 94% dan penilaian siswa 87,02%, dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil keefektifan media, maka diperoleh rata-rata posttest lebih tinggi setelah diterapkan media pembelajaran buku tiga dimensi dibandingkan rata-rata pretest sebelum menerapkan media pembelajaran buku tiga dimensi. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan media buku tiga dimensi adalah 57,62. Setelah diterapkan media buku tiga dimensi diperoleh nilai rata-rata 75. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial dengan menggunakan rumus uji t,menunjukkan bahwa nilai tHitung = 14,00 dan tTabel = 1,69, maka diperoleh tHitung > tTabel yaitu 14,00 > 1,69, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa penggunaan media buku tiga dimensi efektif dalam pembelajaran menulis puisi kelas X SMK Abdi Negara Binjai. Kata Kunci: Model Pengembangan 4D, Kuantitatif, Pre Eksperimental Design, Media Pembelajaran, Buku Tiga Dimensi, Menulis Puisi |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2110 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover,Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 4.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 495.87 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 861.37 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.77 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.