Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2103
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorEllyas, Aqiela Reanaldis-
dc.date.accessioned2023-09-11T03:10:34Z-
dc.date.available2023-09-11T03:10:34Z-
dc.date.issued2023-09-11-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2103-
dc.description.abstractiii PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DEBAT BERBASIS ETNIS BATAK TOBA BERBANTUAN APLIKASI PADA SISWA KELAS X SMKSWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH Oleh : Aqiela Reanaldis Ellyas NPM :71180513019 Email.Aqielareanaldis@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar teks debat berbasis etnis Batak Toba berbantuan aplikasi pada siswa kelas X SMKSwasta Tarbiyah Islamiyah berdasarkan penelitian dari validator ahli materi dan ahli desain. Jumlah populasi pada siswa yakni 55 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 28 siswa yakni kelas X Akuntansi-1. Sumber data dalam penelitian ini adalah angket dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974) yaitu, Define (Pendefenisian), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Dissemination (Deseminasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar teks debat berbasis etnis Batak Toba berbantuan aplikasi pada siswa kelas X SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah tergolong pada kategori layak. Penilaian terhadaptingkat kevalidan bahan ajar oleh ahli materi diperoleh rata-rata 94% dengan kualifikasi “sangat valid”. Kemudian penilaian kevalidan oleh ahli desain diperoleh rata-rata 93% dengan kualifikasi “sangat valid”. Penilaian kevalidan juga dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia dengan memperoleh rata-rata sebesar 95% dengan kualifikasi “sangat valid”. Penelitian terhadap tingkat kelayakan bahan ajar dilakukan dalam dua tahap yaitu dalam uji coba terbatas dan uji coba luas. Penilaian siswa dalam uji coba terbatas menunjukkan nilai rata-rata sebesar 90% dengan kualifikasi “sangat layak” disertai dengan kritik dan saran dari siswa.Kemudian hasil akhir diperoleh pada uji coba luas yaitu diperoleh rata-rata keseluruhan dari siswa sebesar 91,6% dengan kualifikasi “sangat layak”. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks debat berbasis etnis Batak Toba berbantuan aplikasi pada siswa kelas X SMK Swasta Tarbiyah Islamiyah valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Teks Debat, Etnis Batak Toba, Aplikasi Google Slide, Siswa kelas Xiv THE DEVELOPMENT OF BATAK TOBA ETHNIC-BASED DEBATE TEACHING MATERIALS WITH THE ASSISTANCE OF APPLICATIONS FOR CLASS X SMKS TARBIYAH ISLAMIYAH By : Aqiela Reanaldis Ellyas NPM : 71180513019 Email.Aqielarealdis@gmail.com ABSTRACT This study aimed to develop and test the feasibility of Toba Batak ethnicbased debate text teaching materials with the help of applications for class X SMKS Tarbiyah Islamiyah based on research from material expert validators and design experts. The total population was 55 students and the sample was 28 students from class X Accounting-1. The data source in this study was a questionnaire with data collection techniques in the form of observations and interviews. This study used Research and Development (R&D) from 4D development model by Thiagarajan (1974); namely, Define, Design, Development, Dissemination. The results of this study indicated that Toba Batak ethnic-based debate text teaching materials assisted by applications in class X SMKS Tarbiyah Islamiyah belongs to the appropriate category. Assessment of the level of validity of teaching materials by material experts obtained as 94% or "very valid". Then the validity assessment by design experts obtained as 93% or "very valid". The validity assessment was also carried out by Indonesian teachers with the score as 95% or "very valid". Research on the level of feasibility of teaching materials was carried out in two stages, namely limited trials and extensive trials. Student assessment in the limited trial showed an average score as 90% with a "very decent" qualification accompanied by criticism and suggestions from students. Then the final result was obtained in an extensive trial as 91.6% or "very decent" qualification. Based on this assessment, it can be concluded that Toba Batak ethnic-based debate text teaching materials assisted by the application are valid and appropriate to be used in learning process. Keywords: Development of Teaching Materials, Debate Texts, Toba Batak Ethnicity, Google Slides Application, Class X Studentsen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230454;71180513019-
dc.subjectPengembangan Bahan Ajar, Teks Debat, Etnis Batak Toba, Aplikasi Google Slide, Siswa kelas Xen_US
dc.subjectDevelopment of Teaching Materials, Debate Texts, Toba Batak Ethnicity, Google Slides Application, Class X Studentsen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DEBAT BERBASIS ETNIS BATAK TOBA BERBANTUAN APLIKASI PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAHen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography8.03 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract138.8 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II785.47 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V2.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.