Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/210
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Pelajaran Sejarah Pada Masa Pra Aksara SMK Swasta 3 PAB Medan
Authors: AZIZAH, NUR
Keywords: Contextual Teaching And Learning
Issue Date: 14-Oct-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7114050055;7114050055
Abstract: ABSTRAK NUR AZIZAH. NPM. 7114050055. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Pelajaran Sejarah Pada Masa Pra Aksara SMK Swasta 3 PAB Medan Skripsi Medan : Fakultas Ilmu Dan Ilmu Pendidikan. UISU 2019. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta 3 PAB Medan Estate. Waktu penelitian dilaksanakan pada Agustus 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, yaitu menetapkan secara acak dari jumlah populasi. Simple random menurut Supranto ialah sampel acak sederhana dimana sampling unit terdiri dari beberapa anggota atau beberapa kelas. Penentuan sampel adalah yang berkarakteristik yang sama kelas. Dimana setiap ketua kelas X dipanggil untuk mengambil undian dan siapa yang mendapatkan kertas dengan tulisan “ya” maka kelas itu yang akan menjadi sampel penelitian. Dari undian yang disebar terdapat 2 bertulisan Ya dan sisanya tidak. Dan ditarik bahwa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AK-2 yang berjumlah 35 orang dan X AK 1 yang berjumlah 33 orang sebagai variabel control. Dari hasil perhitungan terlihat bahwa thitung sebesar 3,649 dan ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Karena thitung > ttabel (3,649 > 1,669), maka hipotesis alternatif penelitian (Ha) diterima yang berarti bahwa hasil belajar pendidikan sejarah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar pendidikan sejarah yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X AK-1 SMK Swasta 3 PAB Medan Estate T.P. 2019/2020.   ABSTRACT NUR AZIZAH. NPM 7114050055. The Effect of the Contextual Teaching and Learning Learning Model on Historical Learning in the Pre-Literature Period of SMK 3 Private PAB Medan. Medan Thesis: Faculty of Science and Education. UISU 2019. The location of this research was carried out at the Medan 3 BAO Private Vocational School. When the study was conducted in August 2019. Sampling was done by simple random sampling technique, which is to determine randomly from the total population. Simple random according to Supranto is a simple random sample where the sampling unit consists of several members or several classes. Determination of the sample is characterized by the same class. Where every class X leader is called to take the lottery and who gets the paper with the words "yes" then that class will be the research sample. From the lottery distributed there are 2 that read Yes and the rest do not. And it was drawn that the samples in this study were class X AK-2 totaling 35 people and X AK 1 totaling 33 people as control variables. From the calculation results it can be seen that the tcount is 3.649 and the table is 1.669 at the 95% significance level or α = 0.05. Because tcount> ttable (3.649> 1.669), the alternative research hypothesis (Ha) is accepted, which means that the learning outcomes of historical education taught using the contextual learning model are significantly higher than the learning outcomes of historical education taught by using conventional learning methods on Grade X AK-1 students of SMK Private 3 PAB Medan Estate TP 2019/2020.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/210
Appears in Collections:Pendidikan Sejarah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUR AZIZAH.pdf146.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.