Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2037
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HOTS BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI MA MADINATUSSALAM
Authors: GUSTIARTI, RISKA
Keywords: Literasi matematis, Lembar Kerja Peserta Didik, Higher Order Thingking Skills, Thiagarajan 4D
Issue Date: 27-Feb-2023
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230389;
Abstract: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HOTS BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI MA MADINATUSSALAM Oleh: Riska Gustiarti NPM : 71180514002 Email: riskagusti31@gmail.com ABSTRAK Alternative yang dianggap dapat memecahkan masalah dalam proses kegiatan pembelajaran adalah menerapkan pendekatan pembelajaran model Higher Order Thingking Skills berbantuan liveworksheets pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dalam konten Quantitative Literacy di MA Madinatussalam berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D, dalam penelitian ini penulis membatasi pengembangan hanya sampai pada tahap 3-D yaitu: (1) Pendefenisian (define), (2) Desain (design), dan (3) Pengembangan (development). Pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS bertujuan untuk meningkatkan literasi metematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X pada semester genap 2021/2022 kemudian dari populasi tersebut diambil sampel 25 siswa di kelas X MIA 1 sebagai uji coba I dan 25 siswa di kelas X MIA 2 sebagai uji coba II. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi, angket respon siswa, dan tes kemampuan literasi. Hasil dari penelitian memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian 4 orang validator produk dengan skor rata-rata keseluruhan 88% berada pada kategori sangat valid, kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa dengan skor rata-rata 4,5 berada pada kategori sangat praktis, dan keefektifan perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran dikatakan efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 88%, Ketercapaian tujuan pembelajaran indikator 1 95,5%, Indikator 2 mendapat hasil 92% tercapai, Indikator 3 mendapat hasil 100% tercapai, Indikator 4 mendapatkan hasil 94% tercapai, Indikator 5 mendapat hasil 95% tercapai, Indikator 6 mendapat hasil 94% tercapai, Indikator 7 mendapatkan hasil 100% tercapai. Siswa yang merespon positif ditinjau dari angket respon siswa mendapatkan hasil 80% siswa merespon positif angket respon siswa yang diberikan. Kata Kunci : Literasi matematis, Lembar Kerja Peserta Didik, Higher Order Thingking Skills, Thiagarajan 4D
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2037
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography5.5 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract175.65 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1.01 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.33 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.