Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/200
Title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DRILLING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ZENDING ISLAM INDONESIA-MEDAN
Authors: HASIBUAN, MHD ABDI
Keywords: efektifitas penggunaan metode drill
Issue Date: 23-May-2019
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115020023;7115020023
Abstract: ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DRILLING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ZENDING ISLAM INDONESIA-MEDAN MHD ABDI HASIBUAN NPM : 7115020023 Tujuan Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah penerapan metode drill di Madrasah Tsanawiyah Swasta Zending Islam Indonesia. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode drill dalam pembelajran Fiqih di Madrsah Tsanawiyah Swasta Zending Islam Indonesia. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Zanding Islam Indonesia yang terletak di Jalan Teladan No 15 Medan.Kec Medan kota kota Medan Sumatera Utara Lokasi ini sengaja dipilih oleh penulis dengan pertimbangan keterjangkauan lokasi penelitian. Dalam penelitian ini pengumpulan data digunakan dengan teknik penyebaran angket keseluruh siswa kelas VIII MTs Zending Islam Indonesia sebagai alternative jawaban yang akan di isi oleh responden yaitu sampel yang sudah ditetapkan Pertanyaan-pertanyaan dalam angket yang sebanyak 20 item pertanyaan menyajikan beberapa alternative jawaban yang sudah ditentukan, jadi siswa hanya diminta memilih alternative jawaban untuk memberikan tanggapan tentang keefektifan metode drill dengan member tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang dipilih. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di kemukakan penulis sebelumnya, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa metode drilling/latihan efektif terhadap meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs Zending Islam Indonesia Medan. Berdasarkan tabel 4.22 diketahui bahwa jumlah sekor tanggapan siswa sebesar 52,66 dengan jumlah nilai 2,633, termasuk dalam kategori tanggapan baik. Berdasarkan perhitungan persentasi tiap option secara keseluruhan bahwa yang mendukung hipotesis adalah option (a) yaitu sebanyak 48,5% sedangkan sisanya option (b) sebesar 17,1% dan option (c) hanya sebanyak 3,5%, dengan demikian bahwa sebesar 48,5% jawaban responden yang mendukung diterimanya hipotesis. Persentase 48,5% dapat ditafsirkan dalam pengaruh yang cukup baik.Melihat persentase diatas, maka secara positif keefektifan metode drilling/latihan dapat memberikan peningkatan terhadap pemahaman belajar siswa pada pelajaran fiqih kelas VIII MTs Zending Islam Indonesia. Maka dengan demikian hipotesis yang diajukan diatas dinyatakan benar dan diterima bahwa terdapat keefektifan metode drilling terhadap pemahaman siswa pada pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Zending Islam Indonesia dengan persentasi pengaruh yang cukup baik
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/200
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MHD ABDI HASIBUAN.pdf8.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.