Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/188
Title: PENGARUH PENERAPAN METODE AL-HIRA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATERI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMPIT AL-MUSABBIHIN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2019/2020
Authors: DAMANIK, INDRA
Keywords: Metode Al-Hira’
cara membaca al-Qur’an dalam tempo 24 jam
Issue Date: 22-Aug-2019
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115020029;7115020029
Abstract: ABSTRAKSI NAMA : INDRA DAMANIK, NIM : 7115020029, JUDUL : PENGARUH PENERAPAN METODE AL-HIRA’ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTS SMPIT AL-MUSABBIHIN SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Metode Al-Hira’ dipergunakan oleh pendidik untuk mengajarkan kepada peserta didik tentang cara membaca al-Qur’an dalam tempo 24 jam. Maka dapat dipahami bahwa Al-Hira’ adalah suatu metode membaca Al-Qur’an dan metode ini lebih praktis dan lebis mudah dipahami para pengguna serta sesuai dengan semua tingkatan umur Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah kemampuan membaca Al-Qur’an VII SMPIT Al-Musabbihin Sunggal Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan metode konvensional dan bagaimana kemampuan siswa dengan metode Al-Hira. Bagaimanakah Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Al-Hira’ terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPIT Al-Musabbihin Sunggal. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMPIT Al-Mushabbihin Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020 pada bidang studi baca tulis Al-Qur’an pada saat penerapan metode konvensional rata-rata yang diperoleh = 6,36 berada antara nilai 6.0 – 6.9 maka dapat disebutkan bahwa tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Kelas VIII SMPIT-Al-Mushabbihin Sunggal adalah sedang. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII SMPIT Al-Mushabbihin Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020 pada bidang studi baca tulis Al-Qur’an pada saat penerapan metode Al-Hira rata-rata yang diperoleh = 7.59 berada antara nilai 7.0 – 8.9 maka dapat disebutkan bahwa tingkat kebiasaan membaca siswa Kelas VIII SMPIT-Al-Mushabbihin Sunggal adalah tinggi. Terdapat pengaruh metode Al-Hira terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Kelas VIII SMPIT-Al-Mushabbihin Sunggal, dengan pengaruh yang signifikan melalui t-hitung lebih besar dari t-tabel (8,78 > 1,68), sedangkan berdasarkan uji determinasi diketahui bahwa 65.61% metode Al-Hira berpengaruh terhadap terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa
Description: vi, 59 p.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/188
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
INDRA DAMANIK.pdf189.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.