Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1826
Title: PERAN ORANG TUA DALAM BERKOMUNIKASI MEMBENTUK KEDISIPLINAN ANAK DI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA, Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec.Kualuh Selatan, Kab. Labuhanbatu Utura.
Authors: Syafitri, Indah Purnama
Keywords: orang tua berkomunikasi membentuk kedisiplinan dalam lingkungan keluarga, anak remaja.
parents communicate to from discipline in the family environment, teenagers
Issue Date: 6-Feb-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230192;
Abstract: ii i ABSTRAK PERAN ORANG TUA DALAM BERKOMUNIKASI MEMBENTUK KEDISIPLINAN ANAK DI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA, Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec.Kualuh Selatan, Kab. Labuhanbatu Utura. Mahasiswa Email :indahpurnamaa95@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga. Bagaimana peran orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga, Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhanbatu Utara dan Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga,Faktor yang mempengaruhi orang tua membentuk kedisiplinan anak. Menurut Sugiyono (2016), metode deskriptif kualitatif adalah metode penelitia yang berdasarkan pada filsafat postpositivesme di gunakan untuk peneliti pada kondisi objek yang alamiah. Berdasarkan pengertian di atas maka peneliti mengambil metode deskriptif kualitatif. Mengenai objek yang dibicarakan sesuai kenyataan yang terjadi pada masyarakat khususnya orang tua dan anak pada masyarakat dusun simpang siranggong. Komunikasi orang tua dalam membentuk kedisiplinan anak memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Artinya, semakin sering orang tua memberikan komunikasi yang baik kepada anaknya maka orang tua memiliki tugas penuh dalam mendidik, mengasuh, dan membimbing anak agar menjadi kepribadian yang baik di dalam keluarga mau pun diluar (masyarakat). Dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang Dihadapi Orang Tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak desa Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec. Kualuh Selatan kab. Labuhanbatu Utara, yaitu latar belakang orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam membentuk perilaku disiplin anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan keadaan rumah yang kurang nyaman hal ini bias didasari jumlah anggota keluarga sehingga orang tua sulit dalam membentuk perilaku disiplin terhadap anak-anak mereka. Kata kunci : orang tua berkomunikasi membentuk kedisiplinan dalam lingkungan keluarga, anak remaja. iv ABSTRACT THE ROLE OF PARENTS IN COMMUNICATION FORMING CHILD DISCIPLINE IN THE FAMILY ENVIRONMENT, Damuli Pekan Village, Simpang Siranggong Hamlet, Kualuh Selatan District, Kab. Labuhanbatu Utura. Mahasiswa Email :indahpurnamaa95@gmail.com This study aims to determine the role of parents in communicating to shape the discipline of children in the family environment. How is the role of parents in communicating to shape the discipline of children in the family environment, Damuli Pekan Village, Simpang Siranggong Hamlet, Kec. South Kualuh, Kab. North Labuhanbatu and How the obstacles faced by parents in communicating shape the discipline of children in the family environment, Factors that influence parents shape the discipline of children. According to Sugiyono (2016), the qualitative descriptive method is a research method based on the postpositive philosophy used for researchers in natural object conditions. Based on the above understanding, the researchers took a qualitative descriptive method. Regarding the object discussed in accordance with the reality that occurs in the community, especially parents and children in the Simpang Siranggong hamlet community. Parental communication in shaping children's discipline has a strong and significant relationship. That is, the more often parents provide good communication to their children, the parents have a full task in educating, nurturing, and guiding children to become good personalities within the family and outside (society). It can be concluded that the difficulties faced by parents in communicating shape the discipline of village children in Damuli Pekan Village, Simpang Siranggong Hamlet, Kec. South Kualuh kab. Labuhanbatu Utara, namely the background of parents who are busy with their work affects the level of ease and difficulty of parents in shaping children's disciplined behavior, difficulty dividing time between children and work, home conditions are not comfortable, this can be based on the number of family members so that parents find it difficult to form disciplinary behavior towards their children. Keywords : parents communicate to from discipline in the family environment, teenagers
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1826
Appears in Collections:Pendidikan Kewarganegaraan & Pancasila

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography3.44 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract11.34 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II696.76 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V718.72 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.