Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1811
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | VELLINDA | - |
dc.date.accessioned | 2023-02-04T04:30:57Z | - |
dc.date.available | 2023-02-04T04:30:57Z | - |
dc.date.issued | 2023-02-04 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1811 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK ANALISIS METODE MENGAJAR GURU PAI DALAM MEMBENTUK SIKAP BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI, KECAMATAN PADANG HULU KOTA TEBING TINGGI VELLINDA NPM. 71180211008 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode mengajar Guru PAI dalam membentuk sikap belajar siswa, dan tindakan Guru untuk mengatasi perilaku belajar siswa yang positif dan negatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa-siswi SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa: Sikap belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi cenderung menunjukkan sikap belajarnya yang positif seperti mau mengikuti pembelajaran dengan baik, aktif menjawab pertanyaan guru, fokus pada materi yang disampaikan, mau mencatat materi, dan mau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Metode mengajar Guru PAI dalam membentuk sikap belajar siswa di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi ialah dengan cara memilih dan menentukan metode pembelajaran yang inovatif yaitu PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), pendekatan emosional, pendekatan personal, pembiasaan yang baik dilakukan oleh guru terhadap siswa/siswi telah mengamalkan budaya religius terus menerus dan siswa telah terbiasa melakukan perbuatan baik dan tertanam dalam jiwa, dan memberikan teladan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa/siswi dan menjaga dengan baik perbuatan maupun ucapan sehingga siswa meniru dan mencontoh dengan sendirinya akan turut mengerjakan apa yang disarankan, baik itu orang lain maupun guru. Tindakan guru untuk mengatasi sikap belajar siswa yang positif dan negatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi. Siswa yang positif adalah guru memberikan pujian atau ucapan selamat, guru memberikan hadiah, dan memberikan tambahan nilai kepada siswa yang sikap belajarnya positif selama pembelajaran PAI. Sedangkan tindakan guru dalam mengatasi sikap belajar siswa yang negatif adalah guru memberikan nasihat, jika dinasehati tidak bisa guru kemudian melakukan kerja sama dengan guru BK, jika masih tidak bisa maka wali murid yang akan di panggil ke sekolah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230161; | - |
dc.title | ANALISIS METODE MENGAJAR GURU PAI DALAM MEMBENTUK SIKAP BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI KECAMATAN PADANG HULU KOTA TEBING TINGGI | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 562.89 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 6.35 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 761.98 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 339.55 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.