Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1768
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SUHERI, MUHAMMAD | - |
dc.date.accessioned | 2023-02-03T04:51:08Z | - |
dc.date.available | 2023-02-03T04:51:08Z | - |
dc.date.issued | 2023-02-03 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1768 | - |
dc.description.abstract | i ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEGIATAN RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MTs MUALIMIN UNIVA MEDAN MUHAMMAD SUHERI 71180211050 Peneliti merumuskan tujuan penelitian yaitu: 1) Mengetahui bentuk kegiatan religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MTs Mualimin Univa Medan, 2) Mengetahui penerapan kegiatan religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MTs Mualimin Univa Medan, 3) Mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung pembntukan kegiatan religius di MTs Mualimin Univa Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang mendalam dari informan yang terkait. Populasi data adalah kepala sekolah, guru dan siswa di MTs Mualimin Univa Medan. Diharapkan dalam penetapan objek/subjek penelitian ini dapat benar-benar mewakili tujuan penelitian sehingga rumusan masalah yang diajukan terjawab dengan hasil yang memuaskan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) bentuk-bentuk kegiatan kegiatan religius yang ada di MTs Mualimin Univa Medan diantaranya: doa bersama dan muraja’ah sebelum pembelajaran dimulai, sholat Dhuha, sholat Zhuhur dan Ashar berjamaah. 2) Dalam kegiatan ini, guru menerapkan kegiatan religius berjalan dengan baik dan lancar berkat pengawasan dan kontrol yang dilakukan guru kepada peserta didik dan selalu memberikan mereka motivasi sehingga mereka bersemangat untuk menjalankan kegiatan tersebut. Selain itu penerapannya pun terjadwal dan masing-masing kegiatan ada evaluasinya baik melalui pengamatan maupun melalui absensi yang telah disediakan. Dengan demikian peserta didik menjadi lebih aktif dan disiplin dalam menjalankan kewajibannya dan memiliki nilai spiritual yang tinggi 3) faktor pendukung penerapan budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan spiritual adalah: adanya interaksi yang baik antara guru dan peserta didik, adanya kinerja sekolah yang baik. Dan adapun faktor penghambatnya adalahinterak peserta didik dan kurang maksimalnya kerja sama antara sekolah dengan orang tua siswa. Kata Kunci : Budaya Religius, Kecerdasan Spiritual, Siswa | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230157; | - |
dc.subject | Budaya Religius, Kecerdasan Spiritual, Siswa | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEGIATAN RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MTs MUALIMIN UNIVA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 618.98 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 308.29 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 508.58 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 854.48 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.