Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1748
Title: EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMA PERGURUAN BANDUNG JALAN PENGABDIAN BANDAR SETIA KECAMATAN PERCU SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG
Authors: Mangunsong, M. Fauzan Khairi
Keywords: : Efektivitas Pembelajaran Agama Islam, Pembinaan Akhlakul Karimah, Siswa di Sma Perguruan Bandung
Issue Date: 3-Feb-2023
Publisher: Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230117;
Abstract: ABSTRAK EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAHSISWA DI SMA PERGURUAN BANDUNG JALAN PENGABDIAN BANDAR SETIA Oleh : M. Fauzan Khairi Mangunsong Dalam Agama Islam akhlak memiliki kedudukan yang istimewa. Hal ini berdasarkan kaidah bahwa Rasulullah SAW menempatkan penyempurnaan akhlak sebagai misi pokok agama Islam. Akhlak juga digunakan sebagai tolok ukur keimanan pada seseorang, serta untuk mencapai kesempurnaan akhlak yang baik dibutuhkan adanya bimbingan serta pembinaan. Permasalahan yang ada di SMA Perguruan Bandung sehingga menarik peneliti mengambil judul Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa SMA Perguruan Bandungadalah pada dasarnya guru sudah mencerminkan perilaku yang baik dan dapat dijadikan contoh atau teladan bagi peserta didik, akan tetapi sebagian dari peserta didik memang sulit untuk diarahkan secara langsung, sehingga memerlukan pembinaan akhlak pada peserta didik tersebut. Pada anak usia Sekolah Dasar merupakan masa yang paling tepat untuk menanamkan akhlak pada anak. sehingga dapat meminimalisir penyimpangan yang akan dilakukan oleh anak. Sehingga perlu adanya suatu upaya yang harus dilakukan oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan akhlak peserta didik khususnya tingkah laku, agar peserta didik memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan akhlak pada siswa SMA Perguruan Bandung, Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak pada siswa sudah dapat dikategorikan baik dalam pelaksanaannya, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sudah menerapkan metode keteladanan, nasehat dan pengawasan bagi siswa. 2) Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak siswa, 3) Faktor pendukung dalam membina akhlak pada siswa yaitu: a) Fasilitas; b) Pendidik; dan c) Peserta didik mudah dinasehati 4) Faktor penghambat dalam membina akhlak siswa yaitu: a) Peserta didik susah untuk dinasehati; b) Lingkungan yang kurang baik; dan c) Kurangnya dukungan dari orangtua kata kunci : Efektivitas Pembelajaran Agama Islam, Pembinaan Akhlakul Karimah, Siswa di Sma Perguruan Bandung
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1748
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.72 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract97.53 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II637.93 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V454.66 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.