Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1716
Title: PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FIKRI, DESA AEK MARBATU
Authors: AFIDAH, FIFI
Keywords: pengaruh, smartphone, minat belajar, siswa, pendidikan agama islam, terpadu
Issue Date: 2-Feb-2023
Publisher: Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230127;
Abstract: ABSTRAK Afidah, fifi, 2022. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fikri, Desa Aek Marbatu Seiring dengan berkembangnya zaman maka perkembangan teknologi juga ikut berkembang, salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yaitu semakin canggihnya alat komunikasi yang disebut smartphone yang tentu sangat banyak digunakan manusia mulai dari anak-anak, orang dewasa, sampai orang tua. Tidak terkecuali dengan siswa yang sangat sering menggunakan smartphone untuk bermain game atau sebagai alat pembantu proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui apakah guru memberikan pelajaran dengan menggunakan smartphone untuk mempermudah pembelajaran.(2) Untuk mengetahui ada tidaknya manfaat penggunaan Smartphone dalam kegiatan belajar mengajar. (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Smartphone terhadap minat belajar siswa. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dirancang dengan metode pengumpulan data yaitu penyebaran koesioner, lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Al-Fikri. Analisa data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dari hasil penyebaran angket. Berdasarkan analisis data yang telah dihitung maka terdapat kesimpulan dari hasil penelitian bahwa : (1) Guru menggunakan smartphone untuk memberi materi pelajaran yang belum sempat disampaikan karena keterbatasan waktu dan juga untuk mengirimkan materi yang berbentuk video visual. (2) Penggunaan smartphone bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar sebesar 5% yang dimanfaatkan siswa untuk mencari materi pelajaran yang belum dipahami. (3) hipotesis (H0) diterima karena thitung< ttabel dengan jumlah 0,552<1,677 Maka hipotesis H0 diterima, yang berarti penggunaan smarphone berpengaruh positif terhadap minat belajar Pendidikan Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fikri. Kata kunci : pengaruh, smartphone, minat belajar, siswa, pendidikan agama islam, terpadu i
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1716
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.16 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract119.7 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II295.55 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V336.27 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.