Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1570
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAprilla Z., Cantika-
dc.date.accessioned2022-12-23T03:12:58Z-
dc.date.available2022-12-23T03:12:58Z-
dc.date.issued2022-12-23-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1570-
dc.description.abstractKemajuan teknologi komunikasi telah memberikan banyak perubahan dalam berbagai bidang. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi komunikasi adalah munculnya telepon selular dengan berbagai fitur seperti internet dan sosial media. Instagram merupakan sosial media yang berguna dalam komunikasi yang sangat populer saat ini. Instagram memiliki banyak fungsi salah satunya ialah dalam memasarkan produk sebagai kegiatan komunikasi pemasaran. Pada masa COVID-19, seluruh kegiatan masyarakat mengalami penurunan secara signifikan, penggunaan media sosial instagram dinilai cukup efektif dalam melakukan pemasaran produk toko UMKM. Wins Shop, Afifah Fashion, dan Bokil at the Disco merupakan UMKM yang berjalan di bidang penjualan pakaian yang terkena imbas akibat COVID-19. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas akun Instagram sebagai media komunikasi dalam memasarkan produk di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen toko dengan jumlah 150 sampel. Dalam penelitian ini menggunakan teori Attention, Interest, Desire, Conviction, and Action (A-I-D-C-A) sebagai acuan analisa untuk menentukan keberhasilan dalam memasarkan produk. Data yang didapat kemudian dilakukan uji hipotesis Chi-Square (2 tailed) dengan menggunakan aplikasi SPSS V22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektifitas instagram sebagai media komunikasi pemasaran di kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produk pada toko Wins Shop, Afifah Fashion, dan Bokil at the Disco. Efektivitas kegiatan komunikasi pemasaran tersebut berhubungan dengan aktivitas promosi yang dilakukan yaitu tingkat daya tarik pesan, gaya pesan, tingkat keakuratan, kejelasan pesan, dan frekuensi penyampaian pesan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU220426;-
dc.subjectMarketing communication, Instagram, A-I-D-C-A Theoryen_US
dc.subjectKomunikasi pemasaran, Instagram, Teori A-I-D-C-Aen_US
dc.titleEFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM MEMASARKAN PRODUK DI KALANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Ilmu Komunikasi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography11.4 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract151.29 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II261.77 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V2.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.