Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1421
Title: | HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI KELURAHAN PANYABUNGAN III KABUPATEN MANDAILING NATAL |
Authors: | NASUTION, ARIFAH NAJIHA |
Keywords: | Children, Nutritional Status, and Cognitive Development Anak, Status Gizi, dan Perkembangan Kognitif |
Issue Date: | 24-Nov-2022 |
Publisher: | Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU220278; |
Abstract: | Latar Belakang : Status gizi anak sebagai salah satu indikator yang berfungsi dalam mutu sumber daya manusia di masa mendatang..Berdasarkan hasil pemantauan status gizi Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 diketahui bahwa prevalensi gizi buruk tahun 2018 dan 2019 mempunyai angka yang sama yaitu 0,13%, prevalensi gizi kurang jika dibandingkan tahun 2018 meningkat sebesar 0,32%. Dengan diketahui masih adanya masalah status gizi di Kabupaten Mandailing Natal, serta adanya hubungan yang terkait antara pemenuhan status gizi dengan perkembangan kognitif anak, Peneliti merasa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut keterkaitan antara 2 perihal tersebut. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara status gisi terhadap perembangan kognitif anak usia prasekolah di Kelurahan Panyabungan III Kabupaten Mandailing Natal. Metode : Penelitian bersifat analitik dengan metode study cross-sectional dengan subjek sebanyak 72 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kurva CDC 2000 dan kuesioner perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Hasil : Responden terbanyak berstatus gizi normal sebesar 28 responden (38,9%), perkembangan kognitif dengan responden terbanyak terdapat pada kategori baik sebanyak 37 responden (51,4%). Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi terhadap perkembangan kogniitif anak usia prasekolah yang memiliki nilai Sig 0,04 (Sig<0,05) dan value=0,206. Kesimpulan : Mayoritas responden berstatus gizi normal, perkembangan kognitif terbanyak dengan kategori baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi terhadap perkembangan kogniitif anak usia prasekolah dengan hubungan yang searah dengan kekuatan korelasi cukup kuat. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1421 |
Appears in Collections: | Pendidikan Kedokteran |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 2.68 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 219.26 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II | 678.88 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V | 645.82 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.