Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1258
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HUDI, ALI SAMAN | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-13T08:16:58Z | - |
dc.date.available | 2022-10-13T08:16:58Z | - |
dc.date.issued | 2022-10-13 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1258 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang tidak mampu membaca Alquran dengan ilmu tajwid yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesulitan apakah yang dialami siswa kelas VII ketika mempelajari ilmu tajwid. (2) Faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab siswa kelas VII kesulitan ketika mempelajari ilmu tajwid. (3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan yang di hadapi peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid di MTs Darul Aman Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reearch) dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawncara, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini memakai sumber data primer adalah guru mata pelajaran Alquran Hadits, Tahsin Alquran siswa kelas VII MTs Darul Aman Medan. Sedangkan sumber data sekunder adalah berupa dokumentasi dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display dan verificaton. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan (1) bentuk kesulitan-kesulitan siswa dalam mempelajari ilmu tajwid diantaranya: makhârijul huruf, hukum bacaan, membedakan harakat. (2) Faktor intern meliputi kurangnya semangat siswa untuk mengulang kembali pelajaran Alquran di rumah, kurangnya pemahaman materi ilmu tajwid, siswa tidak menyukai kegiatan belajar membaca Alquran, sedangkan faktor ekstern meliputi, kurangnya motivasi dan perhatian dari kedua orang tua, kurang mendapatkan pendidikan agama sebelumnya, baik pendidikan formal maupun non formal. (3) upaya yang dilakukan sekolah dan guru yaitu: penambahan pelajaran Alquran memberikan pengaruh besar terhadap pemahaman tajwid dan semangat siswa untuk lebih mencintai Alquran, penerapan variasi, pembiasaan rutinitas membaca Alquran berjama’ah dengan waktu 20-30 menit setiap paginya | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU220119; | - |
dc.subject | analisis kesulitan, Ilmu Tajwid | en_US |
dc.title | ANALISIS KESULITAN MEMPELAJARI ILMU TAJWID PADA SISWA KELAS VII MTs DARUL AMAN MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 198.27 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 135.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II | 325.61 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V | 257.17 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.