Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1241
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | AFRIANI, RISA | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-13T07:28:59Z | - |
dc.date.available | 2022-10-13T07:28:59Z | - |
dc.date.issued | 2022-10-13 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1241 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan HOTS pada siswa kelas X SMA dikembangkan berdasarkan indikator pengembangan moduI dari BNSP, (2) untuk meningkatkan HOTS pada siswa kelas X SMA ditentukan berdasarkan penilaian validator ahli, (3) untuk mengetahui efektivitas modul menulis teks eksposisi berbasis pelestarian budaya.pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA. Responden dalam penelitian ini adalah ahli materilbahasa, ahli desain dan ahli media. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan AP3 yang dikembangkan oleh lufri dimana model ini terdiri empat tahap yaitu tabap analisis masalah dan kebutuhan, perancanganJpenyusunan prototype, pengembangan serta penyebarluasan/diseminasi. Penelitian ini hanya dibatasi pada tahap pengembangan (development). Peneliti hanya menngguoakan tahap validasi oleh empat validator ahli, karena situasi saat ini sedang terjadi pandemik covid-19 sehingga hanya dilakukan untuk tahap penyebarluasan (dissemanition) secara terbatas. Hasil penelitian pengembangan ini: Respon ahli materi terhadap bahan ajar berupa modul yang dikembangkan diperoleh rata-rata keseluruhan aspek materi 77,7% deogao kriteria "cukup valid" artinya prod uk layak dan valid untuk diuji kelompok kecil dan kelompok besar. Respon ahli desain rata-rata keseluruhan aspek desain 83,33% dengan kriteria "cukup valid" artinya produk layak dan valid untuk diuji cobakan oleh kelompok kecil dan kelompok besar. Dan untuk ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan aspek yakni 78,09% dengan kriteria "cukup valid" artinya media layak dan valid untuk diuji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba kelompok kecil dengan equal variances assumed yang diperoleh yaitu Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sebagai taraf signifikansi. Maka dari prototype modul dapat diuji coba atau didesiminasikan pada kelompok lebih luas. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU220107; | - |
dc.subject | AP3 development research, module, exposition text | en_US |
dc.subject | Penelitian pengembaogan AP3, modul, teks eksposisi | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS PELESTARIAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA KELAS X SMA SWASTA JOSUA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 13.48 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II | 541.44 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V | 1.32 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.