Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1225
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SUPRIHATIN, SUPRIHATIN | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-12T08:04:05Z | - |
dc.date.available | 2022-10-12T08:04:05Z | - |
dc.date.issued | 2022-10-12 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1225 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa papan ular tangga pada materi barisan dan deret aritmatika. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu pengembangan media pembelajaran matematika berupa papan ular tangga. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4d yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, tetapi peneliti hanya menggunakan 3 langkah pengembangan yaitu (define, design, development). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode angket dan soal pretest, posttest. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa papan ular tangga barisan dan deret aritmatika. Hasil analisis tingkat kelayakan pada papan ular tangga barisan dan deret menunjukkan bahwa (1) Uji validitas dari ke 4 ahli menunjukkan rata-rata 79,07% sehingga media pembelajaran berupa paparaga baret masuk kedalam kategori valid. (2) Uji kepraktisan dilihat dari angket respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata rata 84,92%. (3) Uji keefektifan dinyatakan sangat efektif dilihat dari uji soal pretest dan posttes dengan nilai rata-rata 82,46% siswa yang tuntas. Sedangkan pada angket respon terhadap media untuk meningkatkan minat belajar siswa nilai rata-rata 55,94% menunjukkan bahwa minat belajar siswa tinggi. Dari ketiga uji dan respon terhadap media untuk meningkatkan minat yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa paparaga baret layak digunakan sebagai media pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU220091; | - |
dc.subject | Alat Peraga, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Saintifik | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPARAGA BARET UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMK | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 176.98 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II | 895 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V | 1.37 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.