Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1224
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSASWITA, NINA-
dc.date.accessioned2022-10-12T08:00:38Z-
dc.date.available2022-10-12T08:00:38Z-
dc.date.issued2022-10-12-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1224-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengembangkan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. 2). Mengetahui kualitas instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Developtment (R&D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D yang dikemukakan Thiagarajan (1974) yaitu define, design, develop, disseminate. Namun dalam penelitian ini penelitian pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) dimodifikasi menjadi 3D yang dibatasi hanya pada tahap develop. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK) Medan. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes minat belajar dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan diperoleh bahwa (1). Proses pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk pelajaran matematika materi logika dikembangkan dengan model pengembangan Thiagarajan. Kemampuan berpikir kritis, dimana secara signifikan skor presentasi klasikal kemampuan berpikir kritis adalah 72% pada uji coba I dan signifikan skor persentase klasikal kemampuan berpikir kritis sebesar 92% pada uji coba II. (2). Respon siswa dalam meningkatkan kemandirian belajar pada uji coba I dan II meningkat sebesar 37,72%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU220090;-
dc.subjectAssessment Instruments, High Order Thinking Skills (HOTS), self regulated Learning.en_US
dc.subjectInstrumen Penilaian, High Order Thinking Skills (HOTS), Kemandirian Belajar.en_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH SMK YPK MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography697.64 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract169.63 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II501.14 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V1.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.