Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1221
Title: PENGEMBANGAN MODUL LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMK YPK MEDAN
Authors: WULANDARI, AYU
Keywords: Module Development, HOTS, Independent Learning
Pengembangan Modul, HOTS, Kemandirian Belajar
Issue Date: 12-Oct-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU220087;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis Higher Order Thinking Skills untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMK YPK Medan. Modul logika matematika yang dikembangkan layak digunakan dan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Research and Development (R&D) dengan model yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yakni model 4-D (define, design, develop, disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa modul yang dikembangkan bersifat valid. Hal ini berdasarkan hasil dari empat validator yang berbeda baik dari segi materi, bahasa, dan desain dengan skor rata-rata sebesar4,0 dan berada pada kategori valid. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 58,47 dan berada pada kategori praktis. Keefektifan diperoleh dari hasil peningkatan kemandirian belajar siswa pada tes uji coba I sebesar 68,3 dan pada tes uji coba II sebesar 81,65 yang termasuk dalam kategori peningkatan efektif.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1221
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography990.43 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract161.96 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II844.04 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V1.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.