Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1077
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SEMBIRING, MUHAMMAD CANDRA WIBOWO | - |
dc.date.accessioned | 2022-01-20T06:47:09Z | - |
dc.date.available | 2022-01-20T06:47:09Z | - |
dc.date.issued | 2022-01-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1077 | - |
dc.description.abstract | Metode Role Playing merupakan suatu cara penguasaan bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Tujuan dari Metode Role Playing atau bermain peran, yaitu mengajarkan tentang empati kepada siswa. Siswa diajak untuk mengalami dunia dengan cara melihat dari sudut pandang orang lain. Siswa diminta untuk membayangkan dirinya diposisi orang lain agar bisa menyelami perasaan dan sikap yang ditunjukkan oleh orang lain, dalam artian memainkan peran orang lain yang mungkin dapat berbeda dengan karakteristik yang ada dalam dirinya. Bahasa menurut Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan oleh sekelompok masyarakat untuk berkerjasama, berinteraksi dan mengidentifikasi diri. Sehingga bahasa arab dapat dimaknai sebagai suatu alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat terutama di wilayah Arab Seperti di Timur tengah, Afrika dan juga beberapa Negara di asia dan eropa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik di sekolah yang bersangkutan, yang mana berjumlah 102 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai landasan penelitian. Kesimpulan dari keseluruhannya maka diperoleh hasil dari pengujian dengan perhitungan yang cermat adalah 80,2. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana sebelumnya rata-rata nilai yang diperoleh hanya mencapai 71,15 dan setelah menerapkan metode role playing meningkat menjadi 80,28, itu artinya terdapat kenaikan sebesar 9,13. Dengan demikian, tergambar jawaban dari masalah yang dirumuskan. Penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab. Sehingga sangat layak digunakan oleh sekolah yang bersangkutan | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU210436; | - |
dc.title | ENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NURUL IKHWAN DESA DAGANG KRAWAN KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 2.41 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 157.73 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 175.47 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 1.84 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.