Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1047
Title: | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMK N 1 PENANGGALAN |
Authors: | CIBRO, BASRI |
Keywords: | Pembelajaran Matematika, Project Based Learning, Software Geogebra, Kemampuan Berpikir Kreatif. |
Issue Date: | 14-Jan-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan,Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU210325; |
Abstract: | Matematikamerupakan salah satu pendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rendahnya berpikir kreatif siswa salah satu penyebab daya tarik siswa terhadap pembelajaran matematika kurang. Anggapan bagi sebagian besar siswa matematika merupakan mata pelajaran yang amat berat dan sulit, terutama dalam menyelesaikan soal-soal tranformasi geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengembangan model pembelajaran project based learning berbantuan software geogebra dan efektifitas model pembelajaran tersebut. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Ipmplementation dan Evaluasion). Uji coba dilakukan di kelas XI SMK N 1 Penanggalan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Penelitian menunjukan bahwa hasil validasi RPP dari keseluruhan aspek yang dinilai maka diproleh hasil rata-rata masing-masing tiap aspek penilaian adalah 3,6 berada pada kriteri baik dan valid, hasil validasi soal berpikir kreatif dari keseluruhan aspek yang dinilai maka diproleh hasil rata-rata masing-masing tiap aspek penilaian adalah 3,8 berada pada kriteri baik dan valid, hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran project based learning berbantuan software geogebra pada materi tranformasi geometri menunjukan bahwa skor rata-rata keseluruhan adalah 3,49 berada pada kategori sangat baik. Pada uji coba I di kelas XI ATP terdapat 12 siswa yang tuntas dengan (60%) dan tidak tuntas 8 siswa dengan (40%)sehingga belum dapat memenuhi kriteria efektif. Pada uji coba II di kelas XI TKJ terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif terhadap siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (85,7%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (14,3%). Sehingga pengembangan yang dilakukan pada uji coba II menunjukkan peningkatan berpikir kreatif siswa sebesar (25,7%). |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1047 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 292.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 10.29 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 188.7 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 1.37 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.