Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/988
Title: SERAPAN HARA N, P, K BEBERAPA JENIS GULMA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT
Authors: PRASETYO, ERLANGGA FARIS
Keywords: use of weeds as ground cover, oil palm plantations, nutrients N, P, K, A. gangetica, P. conjugatum, and N. biserrata.
pemanfaatan gulma sebagai penutup tanah ,perkebunan kelapa sawit ,unsur hara N,P,K, A. gangetica, P. conjugatum, dan N. biserrata.
Issue Date: 12-Jan-2022
Publisher: Fakultas Pertanian, Univesitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210361;
Abstract: Salah satu komoditas perkebunan yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia adalah kelapa sawit. Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan tanaman perkebunan penting penghasil minyak makanan, minyak industri maupun bahan bakar nabati (biodiesel). Kelapa sawit memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial adapun masalah terhadap gulma tetapi gulma memiliki manfaat sebagai penutup tanah dan penyumbang unsur hara dari dekomposisi, gulma adalah tumbuhan yang keberadaannya tidak diinginkan dan mengganggu pemanfaatan lahan serta berdampak buruk pada produksi tanaman utama, gulma merupakan tumbuhan pengganggu dan merugikan kepentingan manusia sehingga manusia berusaha untuk mengendalikannya namun dalam ilmu pertanian dan gulma definisi gulma masih diperdebatkan. Definisi standar gulma sebagai tanaman yang tumbuh di tempat yang tidak diinginkan, walaupun benar tetapi masih gagal mencapai inti fundamental dari definisi gulma Perlakuan jenis gulma memberikan respon yang berbeda terhadap serapan C-organik dan hara N, P, K. Serapan C-organik tertinggi diperoleh pada perlakuan N. biserrata (8,42), diikuti oleh A. gangetica(6,06)dan P. conjugatum (2,79). Sedangkan serapan hara N, P, K tertinggi diperoleh pada perlakuan A. gangetica diikuti oleh N. biserrata, dan P. conjugatum untuk unsur hara N, A. gangetica (0,347) ,perlakuan N. biserrata (0,235) , P. conjugatum (0,088) ,unsur hara P pada ketiga perlakuan tidak berpengaruh nyata A. gangetica (0,020), N. biserrata (0,015), P. conjugatum (0,006) untuk unsur hara K pada perlakuan A. gangetica (0,458), perlakuan N. biserrata (0,203) dan P. conjugatum (0,085). Gulma A. gangetica, P. conjugatum, dan N. biserrata dapat dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanah di perkebunan kelapa sawit menghasilkan karena dapat menyumbang bahan organik dan hara N, P, K dari serapan haranya serta mampu menekan pertumbuhan gulma lain.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/988
Appears in Collections:Agroteknologi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography892.9 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract67.43 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I67.26 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V196.25 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.