Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/295
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDANDANA, GRADIA AYUDI-
dc.date.accessioned2020-07-28T03:23:47Z-
dc.date.available2020-07-28T03:23:47Z-
dc.date.issued2019-10-09-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/295-
dc.description.abstractABSTRAK PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Gradia Ayudi Dandana Email : Gradiaayudi@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen sebelum dan setelah menggunakan metode sugestopedia dan pengaruh metode sugestopedia terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Mulia Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Mulia Medan tahun pembelajaran 2018/2019 berjumlah 175 siswa. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik random kelas yaitu siswa kelas XI.1 sebanyak 35 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes menulis cerpeni berbentuk tulisan yang diujikan sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode sugestopedia. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: kemampuan menulis cerpen sebelum menggunakan metode sugestopedia oleh siswa kelas XI SMK Mulia Medan tahun pembelajaran 2018/2019 mendapat nilai pretes 68,77 dalam kategori B (baik). Kemampuan menulis cerpen setelah menggunakan metode sugestopedia oleh siswa kelas XI SMK Mulia Medan tahun pembelajaran 2018/2019 mendapat nilai postes 86,26 dalam kategori A (baik sekali). Penggunaan metode sugestopedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa menulis cerpen. Harga thitung = 5,5 lebih besar dari ttabel pada α = 0,05 db = n1 + n2 - 2 atau 35 + 35 – 2 = 68 yakni 5,5 > 1,668 sehingga semakin baik penggunaan metode sugestopedia maka semakin meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen. Kata Kunci: Metode Sugestopedia, Kemampuan Menulis Cerpen ABSTRACT THE EFFECT OF SUGESSTOPEDIA METHOD ON THE ABILITY TO WRITE STORIES BY STUDENTS OF CLASS XI SMK MULIA MEDAN ACADEMIC YEAR 2018/2019 Gradia Ayudi Dandana Email : Gradiaayudi@gmail.com The study aims to describe the ability to write short stories before and after using the suggestopedia method and the effect of the suggestopedia method on the ability to write short stories for class XI students of SMK Mulia Medan, academic year 2018/2019. The population in this study were all students of class XI in SMK Mulia Medan, academic year 2018/2019. Totaling 175 students. The research sample was determined by class random technique, that is, class XI-1 students totaling 35 students.This research method is an experimental method. The data collection tool used was a short story writing test that was examined before and after following the learning using suggestopedia method. The conclusion obtained from this study is that ability to write short stories before using the suggestopedia method by class XI students of SMK Mulia Medan, academic year 2018/2019, received a post test class control score of 68.77 in the B category (good). The ability to write short stories after using the suggestopedia method by class XI students of SMK Mulia Medan, academic year 2018/2019,received a post tes class experimental score of 86.26 in the category A (very good). The use suggestopedia method gives a significant effect on the ability of students writing short stories. The value of tcount = 5.5 is greater than ttabel at α = 0,05 db = n1 + n2 - 2 atau 35 + 35 – 2 = 68 which is 5,5 > 1,668, so the better the use of suggestopedia method, the better the ability of students to improve writing short stories. Keywords : Suggestopedia Method, Short Story Writing Abilityen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseries7112051066;7112051066-
dc.subjectMetode Sugestopedia, Kemampuan Menulis Cerpenen_US
dc.subjectSuggestopedia Method, Short Story Writing Abilityen_US
dc.titlePENGARUH METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Gradia Ayudi Dandana.pdf129.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.