Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/279
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNOVIANTI, SITI-
dc.date.accessioned2020-07-21T02:43:13Z-
dc.date.available2020-07-21T02:43:13Z-
dc.date.issued2019-10-09-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/279-
dc.description.abstractABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 SITI NOVIANTI Email : Novieza15@gmail.com Penelitian ini berjudul, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media sosial terhadap kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa dan Sampel sebanyak 40 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan test essay yang diberikan kepada tiap responden. kemudian data diproses dengan menggunakan bantuan program pengolah data SPSS versi 24,0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantatif dengan menggunakan desain penelitian one group post-test desain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, dimana diperoleh dari uji validitas bahwa pemahaman siswa mengenai kemampuan menulis berbahasa Indonesia di media sosial dalam penelitian ini berada dalam katagori rendah yaitu sebesar 0,341 (34,1%), dengan presentase tingkat kelayakan hasil uji angket dari penggunaan media sosial siswa yaitu sebesar 50,97%, dengan perolehan skor termasuk kedalam katagori J (Jarang) dengan tingkat hubungan katagori kuat dalam menggunakan media sosial. Dan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Ha diterima. Dan dari hasil perhitungan uji t (persial) dan analisis data memiliki nilai thitung 2,235 > ttabel 2,02, artinya adanya pengaruh negatif yang segnifikan terhadap kemampuan menulis berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Sehingga penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial khususnya dalam penggunaan Instagram yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat adanya pengaruh yang cukup segnifikan, yaitu berpengaruh negatif dalam penggunaan media sosial terhadap kemampuan berbahasa Indonesia dalam segi menulis siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Kata kunci : Pengaruh penggunaan media sosial, Kemampuan berbahasa Indonesia, Menulis. ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 SITI NOVIANTI Email : Novieza15@gmail.com Penelitian ini berjudul, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media sosial terhadap kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa dan Sampel sebanyak 40 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan test essay yang diberikan kepada tiap responden. kemudian data diproses dengan menggunakan bantuan program pengolah data SPSS versi 24,0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantatif dengan menggunakan desain penelitian one group post-test desain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, dimana diperoleh dari uji validitas bahwa pemahaman siswa mengenai kemampuan menulis berbahasa Indonesia di media sosial dalam penelitian ini berada dalam katagori rendah yaitu sebesar 0,341 (34,1%), dengan presentase tingkat kelayakan hasil uji angket dari penggunaan media sosial siswa yaitu sebesar 50,97%, dengan perolehan skor termasuk kedalam katagori J (Jarang) dengan tingkat hubungan katagori kuat dalam menggunakan media sosial. Dan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Ha diterima. Dan dari hasil perhitungan uji t (persial) dan analisis data memiliki nilai thitung 2,235 > ttabel 2,02, artinya adanya pengaruh negatif yang segnifikan terhadap kemampuan menulis berbahasa Indonesia siswa SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Sehingga penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial khususnya dalam penggunaan Instagram yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat adanya pengaruh yang cukup segnifikan, yaitu berpengaruh negatif dalam penggunaan media sosial terhadap kemampuan berbahasa Indonesia dalam segi menulis siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Kata kunci : Pengaruh penggunaan media sosial, Kemampuan berbahasa Indonesia, Menulis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Hukum, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseries7114050016;7114050016-
dc.subjectPengaruh penggunaan media sosial, Kemampuan berbahasa Indonesia, Menulisen_US
dc.subjectThe influence of the use of social media, the ability to speak Indonesian, writingen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Ilmu Hukum

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI NOVIANTI.pdf136.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.